Sukses

Momen Peparnas 2021, Menpora Ajak Menko PMK Majukan Olahraga Disabilitas Indonesia

Menpora Zainudin Amali dan Menko PMK Muhadjir Effendy menyaksikan bulu tangkis Peparnas Papua 2021.

Liputan6.com, Jayapura - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy hadir di GOR Cendrawasih, Jayapura, untuk menyaksikan hari pertama para bulu tangkis Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021, Sabtu (6/11/2021).

Selama menyaksikan pertandingan, Menpora Zainudin Amali dan Menko PMK Muhadjir Effendy sangat antusias melihat perjuangan atlet dalam meraih kemenangan bagi provinsi masing-masing.

Menpora Zainudin Amali mengaku kagum dan bangga melihat semangat juang atlet muda para bulu tangkis dalam bertanding.

“Para bulu tangkis di Peparnas 2021 ini diikuti oleh banyak atlet yang baru dan mereka sangat bersemangat dalam bertanding. Semangat mereka ini luar biasa karena dipicu dengan keberhasilan atlet-atlet Indonesia yang merebut medali emas di Paralimpiade Tokyo 2020 apalagi saat ini kita sedang mempersiapkan atlet untuk Paralimpiade Paris 2024,” kata Zainudin Amali pada rilis yang diterima Liputan6.com.

Ajang Peparnas Papua merupakan salah satu wadah bagi atlet kita untuk menunjukan kemampuan terbaik supaya bisa dipanggil masuk ke pelatnas. “Inilah kesempatan atlet untuk menunjukan kemampuan mereka pantas masuk pelatnas dan nanti menjadi tim nasional yang akan dikirim ke Paris 2024,” tambah Zainudin Amali.

Cabang olahraga para bulu tangkis di Peparnas XVI diikuti oleh 26 provinsi dengan jumlah peserta sebanyak 217 atlet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimistis Regenerasi Pemain

Menpora Zainudin Amali mengaku terkejut melihat banyaknya atlet para bulu tangkis di Peparnas ini. “Awalnya saya pikir kita akan agak kesulitan mencari atlet-atlet bagi Paralimpiade mendatang, tenyata banyak muncul pemain baru dan secara kualitas juga bagus-bagus,” aku Zainudin Amali.

Setelah melihat kemampuan atlet-atlet para bulu tangkis, Zainudin Amali sangat yakin dengan perkembangan dan regenerasi pemain. “Saya optimistis untuk perkembangan olahraga disabilitas kita, apalagi NPC sangat serius dalam menyiapkan atlet. Kita akan motivasi mereka untuk mempersiapkan atlet Paralimpik,” tandas Zainudin Amali.

3 dari 3 halaman

Dukung Atlet Disabilitas

Kehadiran Menko PMK Muhadjir Effendy di venue Peparnas 2021 juga dimanfaatkan betul oleh Menpora Zainudin Amali untuk menjalin kerjasama lintas kementerian demi memajukan olahraga disabilitas Indonesia.

“Menko PMK yang mengkoordinasikan urusan kepemudaan dan olahraga. Tadi saya sampaikan kepada Pak Menko potensi atlet Paralimpade kita ke depan sangat luar biasa, jadi mohon dukungan beliau apalagi kementerian sosial di bawah koordinasi Kemenko PMK,” ucap Zainudin Amali.

“Pembinaan atlet disabilitas kita selain di bawah Menpora, tetapi ada hal-hal lain di luar prestasi olah raga yang di bawah Kementerian Sosial jadi itu yang saya sampaikan ke Pak Menko supaya bisa dikoordinasikan dengan Kementerian Sosial,” tutup Menpora. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.