Sukses

Menpora Amali Pastikan Wapres Ma’ruf Amin Akan Buka Peparnas Papua 2021

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengonfirmasi bahwa upacara pembukaan Peparnas akan dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali memastikan upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua akan diresmikan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Kabar ini disampaikan oleh Menpora Amali usai menunjau venue akuatik di Kampung Harapan, Sentani, Jayapura, pada Kamis (4/11/2021) sore, seperti dilansir dari situs resmi Kemenpora.

“Besok Bapak Wakil Presiden akan tiba di sini, di Jayapura, dan malamnya beliau akan membuka Peparnas XVI di Stadion Mandala Jayapura,” ujar Menpora Amali.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memang dikabarkan telah bertolak dari Jakarta menuju Papua sejak pagi ini (5/11/2021).

Sementara itu, opening ceremony Peparnas 2021 dijadwalkan bakal berlangsung pada pukul 17.00 WIB. Selain dihadiri Wakil Presiden, acara tersebut juga akan dimeriahkan oleh sejumlah artis papan atas Tanah Air, seperti Nowela, Anggun C Sasmi, dan Edo Kondologit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meninjau Venue

Sebelumnya, Menpora Amali juga dikabarkan telah meninjau langsung venue yang menjadi lokasi pelaksanaan Peparnas Papua, mulai dari venue akuatik, tenis meja, menembak, hingga angkat besi. Pihaknya pun telah memastikan bahwa venue-venue tersebut siap digunakan.

“Saya kira venue ini adalah (venue) yang pernah digunakan untuk PON XX lalu, sehingga tidak banyak (hal) yang harus diperbaiki dan tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan pertandingan-pertandingan di Peparnas,” ujar Menpora Amali.

“Secara umum, semua venue sudah dalam keadaan siap digunakan untuk pertandingan,” tuturnya melanjutkan, seperti dilansir dari laman resmi Kemenpora.

3 dari 3 halaman

Pelaksanaan Peparnas

Adapun, Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 digelar mulai 2 November lalu hingga 15 November 2021 mendatang. Ajang ini menjadi kejuaraan olahraga nasional terbesar yang diselenggarakan khusus bagi atlet penyandang disabilitas.

Berlangsung dalam situasi pandemi, pelaksanaan Peparnas Papua masih akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kejuaraan olahraga ini tercatat diikuti oleh 1.985 atlet Tanah Air yang akan berlaga memperebutkan medali dari 12 cabang olahraga.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.