Sukses

Digelar Sore Ini, Sejumlah Artis Ikut Meriahkan Pembukaan Peparnas Papua 2021

Opening ceremony Peparnas Papua akan digelar sore ini pukul 17.00 WIB di Stadion Mandala, Jayapura. Sejumlah artis papan atas Tanah Air dikabarkan bakal hadir memeriahkan acara tersebut

Liputan6.com, Jakarta Upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua akan digelar sore ini (5/11/2021) pukul 17.00 WIB. Sejumlah artis papan atas Tanah Air dikonfirmasi hadir memeriahkan opening ceremony pesta olahraga tersebut.

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Nowela Mikhelia merupakan salah satu penampil di acara pembukaan Peparnas 2021. Di samping itu, Anggun C Sasmi, Edo Kondologit, dan Putri Ariani juga dikabarkan hadir. Acara ini selanjutnya akan dipandu oleh Daniel Mananta dan Tiya Diran.

Tak hanya musisi nasional, berbagai artis lokal juga dilaporkan ikut terlibat memberikan penampilan terbaik dalam opening ceremony Peparnas Papua. Beberapa di antaranya adalah Kaonak, Manggorap, Nogei, Shine of Black, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku.

Pembukaan Peparnas 2021 akan digelar di Stadion Mandala, Jayapura, dengan mengusung tema "Cahaya Kemenangan dari Timur Papua". Tema ini diharapkan dapat merepresentasikan peran Papua sebagai pemberi cahaya bagi Tanah Air dan penjuru dunia.

Meski baru akan dibuka pada hari ini, Peparnas Papua telah dimulai sejak 2 November lalu. Ajang olahraga nasional terbesar bagi atlet penyandang disabilitas ini dijadwalkan masih akan berlangsung hingga 15 November mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertunjukan Cahaya

Dalam konferensi pers virtual pada Kamis (4/11/2021) kemarin, CEO PT Quantum Convex International selaku mitra Peparnas untuk opening dan closing ceremony Toton Hutomi mengungkapkan, tema acara akan diimplementasikan melalui kehadiran LED, kembang api, dan drone lighting show.

Drone lighting show merupakan pertunjukan cahaya yang dilakukan dengan menghadirkan 500 drone di langit Bumi Cenderawasih. Tak tanggung-tanggung, panitia bahkan mendatangkan drone dari California dan Dubai guna menjamin kesuksesan rangkaian acara ini.

“Diferensiasi paling nyata dari upacara pembukaan sebelumnya adalah adanya atraksi drone lighting show, sebanyak 500, drone yang akan menghiasi langit kota Jayapura,” tutur Toton Hutomi dalam konferensi pers, Kamis (4/11/2021).

3 dari 4 halaman

Keamanan dan Protokol

Dalam rangka menjaga keamanan, pembukaan Peparnas 2021 akan melibatkan 779 aparat gabungan yang terdiri dari Polda Papua, Polres kota Jayapura, dan TNI. Protokol kesehatan ketat juga akan diterapkan untuk mencegah munculnya klaster penyebaran COVID-19.

Panitia memutuskan untuk membatasi jumlah penonton yang hadir. Meski demikian, masyarakat tetap bisa menyaksikan kemeriahan opening ceremony Peparnas melalui videotron di sejumlah titik Jayapura serta siaran televisi.

4 dari 4 halaman

Berlangsung di Dua Klaster

Peparnas kali akan berlangsung di dua klaster yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Sebanyak 1.985 atlet bakal bersaing memperebutkan medali dari 12 cabang olahraga, yakni angkat berat, atletik, boccia, bulutangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Kejuaraan ini diharapkan dapat menjadi panggung kesetaraan bagi atlet penyandang disabilitas, serta wadah pencarian atlet potensial guna mendukungnya regenerasi di Tanah Air.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.