Sukses

Gol Kedua Ronaldo pada Laga MU vs Atalanta Picu Perdebatan Daring

Gol kedua Cristiano Ronaldo dalam laga MU kontra Atalanta di Liga Champions menimbulkan perdebatan setelah sejumlah pihak menemukan adanya potensi handball jelang gol tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo sukses menjadi penyelamat Manchester United. Dua golnya membuat Setan Merah menahan imbang Atalanta 2-2 pada leg kedua Grup F Liga Champions di Gewiss Stadium, Bergamo, Rabu (3/11/2021) dini hari WIB.

MU sempat tertinggal dari Atalanta usai Joseph Ilicic membobol gawang David de Gea di menit ke-12. Skor menjadi 1-1 setelah Cristiano Ronaldo mecetak gol pada menit 45+1.

Atalanta kembali menggandakan skor lewat Duvan Zapata. Akan tetapi, Ronaldo lagi-lagi menunjukkan kualitasnya dengan membobol gawang Atalanta di menit ke-90+1.

Sayangnya, gol kedua Ronaldo memicu perdebatan di dunia daring. Pasalnya, diduga ada pelanggaran handball jelang aksi penyamaan skor oleh Cristiano Ronaldo untuk Man Utd.

Melansir SportBible, sebagian besar penggemar Setan Merah menikmati momen keberhasilan Cristiano Ronaldo. Namun, sejumlah pengamat menemukan adanya kemungkinan Mason Greenwood handball sesaat sebelum CR7 melepaskan tendangannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Menganggap Ada Pelanggaran

Video Assistant Referee (VAR) menganggap bahwa pemain Timnas Inggris tersebut tidak melakukan pelanggaran. Meski demikian, sejumlah pihak di dunia daring nampaknya tak setuju dengan keputusan tersebut.

Aturan mengenai handball kabarnya memang telah diubah jelang musim 2021/22. Melansir 101geatgoals, dua undang-undang permainan sepak bola telah direvisi oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB). Salah satunya adalah perubahan dalam cara penafsiran handball oleh ofisial pertandingan.

3 dari 4 halaman

Aturan Baru

Liga Premier menyebutkan bahwa jika pemain penyerang melakukan handball secara tidak disengaja sebelum pemain lain mencetak gol, gol tersebut akan tetap dihitung. Dalam aturan musim lalu, kejadian demikian akan membuat gol dianulir.

Sejalan dengan hal tersebut, laporan SportBible juga menyatakan wasit di Liga Champions dan Liga Premier kini  telah mengambil pendekatan yang berbeda soal handball dalam kedua kompetisi. Inilah alasan gol Ronaldo tetap sah usai diperiksa dari VAR.

4 dari 4 halaman

Puncak Klasemen Sementara

Hasil imbang dalam laga MU kontra Atlanta mengantarkan Setan Merah bertengger di puncak klasemen sementara Grup F dengan torehan dua poin. MU masih memiliki dua pertandingan tersisa untuk dimainkan.

Salah satunya adalah laga tandang melawan Villarreal, yang saat ini juga mengantongi tujuh poin, usai mengalahkan BSC Young Boys dengan skor 2–0. Di sisi lain, Ronaldo tercatat telah mencetak lima gol dalam empat pertandingan Liga Champions musim ini.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.