Sukses

Belum Tahu Ukuran Lapangan Sepak Bola? Ini Nih Penjelasannya

Sepak bola sudah merupakan olahraga terpopuler di seluruh dunia. Di Indonesia, olahraga ini digemari dari sudut kota hingga ke pelosok desa di seluruh provinsi.

Liputan6.com, Jakarta Sepak bola sudah merupakan olahraga terpopuler di seluruh dunia. Di Indonesia, olahraga ini digemari dari sudut kota hingga ke pelosok desa di seluruh provinsi.

Untuk memainkan sepak bola, hanya diperlukan sebuah bola dan lapangan serta dua buah gawang. Di atas lapangan, sebelas orang yang menempati posisi berbeda saling bekerjasama untuk mencetak gol.

Tim yang mencetak lebih banyak gol ditahbiskan sebagai pemenang. Begitulah aturan dasar bermain sepak bola.

Namun di level internasional dan nasional, peraturannya bisa berbeda. Soal lapangan misalnya, ada perbedaan antara standar nasional dan internasional.

Di level internasional, sepak bola diurus oleh satu badan bernama FIFA (The Federation Internationale de Football Association). Sementara di Indonesia, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) lah organisasi yang berwenang.

Lantas berapa ukuran lapangan yang sesuai regulasi FIFA atau PSSI. Berikut penjabarannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Ukuran standar nasional (PSSI)

Lapangan sepak bola biasanya berupa persegi panjang dengan dua buah gawang. Panjang lapangan yang sesuai dengan standar nasional yakni 90 sampai 120 meter.

Sementara untuk lebarnya, sebuah lapangan haruslah memiliki lebar 45 hingga 90 meter.

Di tengah lapangan sepak bola, biasanya ada sebuah lingkaran dengan garis vertikal di tengahnya. Nah, ukuran lingkaran itu sesuai standar nasional adalah 9,15 meter.

Lantas, bagaimana denga ukuran kotak penalti dan kiper. Kotak kiper memiliki panjang x lebar 18,3 x 5,5 meter, sementara kotak penalti 40,3 x 16,5 meter.

3 dari 3 halaman

2. Standar FIFA

Ukuran lapangan yang sesuai standar FIFA sedikit berbeda. Untuk panjang, FIFA mengharuskan sebuah lapangan memiliki panjang 100 hingga 110 meter.

Lebar lapangan itu juga berada di kisaran 64 -75 meter. Untuk lingkar tengah, ukurannya sama dengan yang diharuskan PSSI yakni 9,15 meter.

Sementara kotak penalti dalam lapangan standar FIFA haruslah berukuran 40,3 x 16,5 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.