Sukses

Gelombang Kedatangan Rombongan Besar Atlet Peparnas Tiba 2 November 2021 di Papua

Kontingen Jawa Barat yang akan mengikuti Peparnas 2021 dijadwakan menjadi rombongan pertama yang akan tiba di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Panitia Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2021 mulai hari ini, Selasa (2/11/2021), akan menyambut kedatangan rombongan besar pertama atlet dari berbagai daerah di Indonesia, yang akan berlaga di ajang tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua II Panitia Besar Peparnas 2021, Hans Hamadi, Senin kemarin. Seperti dikutip data milik PB Peparnas 2021, rombongan juara bertahan Peparnas 2016, Jawa Barat, dengan kekuatan 306 atlet dan ofisial yang bakal mendarat lebih dulu.

Mereka tercatat sebagai rombongan terbesar yang memasuki Papua melalui Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura. Laskar Bumi Pasundan menumpang dua armada milik maskapai Garuda Indonesia dengan jadwal keberangkatan masing-masing pukul 07.30 dan 09.30 WIT.

Selanjutnya, rombongan atlet Kalimantan Selatan yang mengirimkan 206 orang siap memasuki Bumi Cenderawasih. Mereka menumpang pesawat Lion Air dan akan tiba di Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa sekitar pukul 14.20 WIT.

Berselang beberapa jam kemudian dijadwalkan rombongan 175 atlet dan ofisial asal Riau ikut memasuki Papua. Kontingen asal Bumi Lancang Kuning itu rencananya mendarat di Sentani pukul 17.00 WIT menggunakan armada pesawat milik Citilink.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontingen Lain

Dalam waktu hampir bersamaan akan mendarat pula atlet-atlet dan ofisial dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 139 orang dengan menumpang Garuda Indonesia juga tiba di Sentani sekitar pukul 08.00 WIT. Selain itu sebanyak 126 orang dari kontingen Sumatra Selatan ikut tiba pada pukul 07.30 dan 13.05 WIT.

Di luar itu, kontingen lain yang akan tiba dan siap menyemarakkan Peparnas Papua adalah Aceh (15 orang) Jambi (65), Bangka Belitung (15), Banten (37), Bengkulu (11), Kalimantan Barat (82), Kalimantan Tengah (64), Lampung (8), dan Sulawesi Utara (64).

3 dari 4 halaman

Posko Kesehatan

Selain menyambut kedatangan kontingen, mulai hari ini PB Peparnas juga akan mengoperasikan Posko Kesehatan di Istora Papua Bangkit, Komplek Olahraga Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Posko yang dikelola Dinas Kesehatan Provinsi Papua tersebut akan menjalankan fungsi pengawasan medis bagi seluruh peserta Peparnas Papua, termasuk melakukan proses tes cepat (rapid test) sebelum para atlet menjalankan pertandingan.

"Posko Kesehatan PB Peparnas akan mulai dioperasikan besok sekaligus melayani pemeriksaan kesehatan termasuk rapid test. Ini merupakan layanan wajib yang harus dilalui para atlet sebelum mereka menjalani pertandingan," kata Public Management Officer Panitia Besar Peparnas Papua, Ari Budi Wibowo, Senin (1/11/2021) malam.

"Fasilitas Posko Kesehatan ini dilengkapi mobil ambulans, dan tim medis yang terdiri dari sejumlah perawat dan dokter umum," kata Ari.

4 dari 4 halaman

Dibuka Presiden Jokowi

Peparnas XVI di Papua akan diikuti 1.935 atlet dari 34 provinsi. Mereka bertanding pada 12 cabang olahraga di 13 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Rencananya, Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Peparnas 2021 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, 5 November 2021.

Sedangkan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan menutup seluruh rangkaian Peparnas 2021 pada 13Ok tober 2021 di tempat yang sama dengan acara pembukaan. Peparnas Papua bertema "Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi". Torang Bisa!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.