Sukses

Ronald Koeman Dipecat Barcelona, Ini 3 Nama yang Bisa Menggantikannya

Barcelona akhirnya resmi memecat Ronald Koeman dari kursi pelatih. Manajemen klub berjuluk Blaugrana itu tampaknya sudah habis kesabaran menyikapi hasil buruk dalam beberapa laga.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona akhirnya resmi memecat Ronald Koeman dari kursi pelatih. Manajemen klub berjuluk Blaugrana itu tampaknya sudah habis kesabaran menyikapi hasil buruk dalam beberapa laga.

Pemecatan Koeman diumumkan Kamis (28/10/2021) pagi WIB via akun twitter resmi klub. "Barcelona telah mencopot Ronald Koeman dari tugasnya sebagai pelatih tim pertama," tulis Barcelona.

Barcelona saat ini berada di peringkat ke-9 klasemen La Liga. Dari 10 peratndingan, Sergio Busquets dkk. baru mengantongi 15 poin.

Usai kalah 1-2 dari Real Madrid, Barcelona kembali menelan kekalahan dinihari tadi. Meladeni Rayo Vallecano, Barcelona takluk dengan skor tipis 0-1.

Spekulasi beredar soal siapa yang bakal menggantikan Koeman. Disarikan dari berbagai sumber, berikut tiga di antaranya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Xavi Hernandez

Xavi sangat mengenal Barcelona. Maklum, ia adalah lulusan akademi Barcelona, La Masia dan pernah membela tim senior dari 1998 hingga 2015.

Xavi kini melatih klub Qatar, Al Sadd. Meski tergolong pelatih baru, status sebagai legenda membuat ia mendapat dukungan untuk kembali ke Barcelona sebagai pelatih.

Pujian pun terlontar untuk Xavi dari salah satu gelandangnya, Santi Cazorla. Pria yang juga eks rekan Xavi di timnas Spanyol itu menyebut gaya melatih Xavi khas Barcelona.

"Dia menginginkan bola dan kami berlatih berdasarkan operan pendek, penguasaan, dan penempatan posisi. Benar-benar ala Barcelona," kata Cazorla seperti dilansir Football Espana.

3 dari 4 halaman

2. Antonio Conte

Salah satu nama pelatih jempolan lain yang sedang menganggur adalah Antonio Conte. Eks pelatih Inter Milan itu belum mendapatkan klub usai mundur awal musim ini.

Hanya saja, Conte santer diberitakan bakal merapat ke Manchester United (MU). Pelatih asal Italia itu rumornya masuk dalam pertimbangan manajemen untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer.

Seperti Koeman, Solskjaer juga disebut-sebut ada di ambang pemecatan. Rumor itu kian santer terdengar usai MU kalah 0-5 dari seteru abadi, Liverpool.

4 dari 4 halaman

3. Andrea Pirlo

Satu nama kejutan muncul dalam daftar yakni Andrea Pirlo. Eks gelandang timnas Italia itu juga baru menganggur usai dipecat Juventus awal musim ini.

Pirlo tergolong 'anak kemarin sore' di dunia kepelatihan. Usai mengambil lisensi pelatih, Pirlo langsung menjadi juru taktik Juventus musim 2020/21.

Sayangnya, Pirlo gagal membuat Juventus mempertahankan gelar juara Liga Italia. Juventus hanya finis di peringkat ke-4 klasemen.

Meskipun begitu, Pirlo membawa Juventus juara Coppa Italia dan Piala Super Italia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.