12 Klub BRI Liga 1 Ikut Kompetisi Esports IFeLeague 1

Oleh Thomas pada 28 Okt 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 28 Okt 2021, 06:00 WIB
12 Klub BRI Liga 1 ikut kompetisi esports IFeLeague
Perbesar
12 Klub BRI Liga 1 ikut kompetisi esports IFeLeague 1

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi esports sepak bola virtual Indonesian Football e-League atau IFeL akan diikuti 12 klub peserta BRI Liga 1 2021/2022. Mereka akan bertanding game sepak bola Pro Evolution Soccer atau yang kini sudah berganti nama menjadi eFootball.

12 klub yang akan ikutan kompetisi dengan nama resmi Oxtrade IFeLeague 1 2021 itu adalah Persita Tangerang, PSS Sleman, PSIS Semarang, Arema FC, Barito Putera, Persik Kediri, Borneo FC, Madura United, Bhayangkara FC, Persiraja Banda Aceh, Bali United dan Persela Lamongan.

Empat klub terakhir merupakan pendatang baru di IFeLeague 1. Keempat klub tersebut belun ikutan saat pramusim IFeL. Pada musim resmi pertama IFeL menyediakan total hadiah Rp 250 juta.

"IFeLeague 1 akan memakai format liga ya dengan sistem home dan away. 12 klub ini akan bertarung selama lima minggu untuk memperebutkan tiket ke grand final," ujar CEO IFel, Putra Sutopo. 

IFeLeague 1 2021 akan memainkan game PES 2021 mengingat update eFootball 2022 masih baru dan belum sempurna 100 persen. Setiap pemain akan bertanding dengan memakai klub BRI Liga 1 yang mereka wakili. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pakai Patch

eFootball PES 2021
Perbesar
eFootball PES 2021 (Sumber Foto: Konami.com)

Game PES 2021 secara resmi memang belum menghadirkan klub Indonesia. Nantinya di IFeL akan memakai patch sehingga ada klub BRI Liga 1. Rating pemain yang akan dimainkan sama sehingga akan merata kekuatan antar tim. 

"Kita pakai patch jadi nanti rating semua tim Liga 1 yang dimainkan sama, dengan dasar tim Bangkok Glass. Yang membedakan hanya di postur pemain. Kalau pemain asli sebuah tim Liga 1 posturnya tinggi di game juga akan tinggi. Hanya itu yang membedakan," lanjut Putra. 

IFeLeague 1 diadakan guna menampung antusiasme penggemar game sepak bola PES di tanah air. Menurut survei, Indonesia menjadi negara yang paling banyak pemain PES melebihi Jepang, negara asal pembuatnya Konami. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pemain

Di IFeLeague 1 2021, ada beberapa pemain PES kelas dunia yang ikutan seperti Rizky Faidan yang membela PSS dan Elul Wibowo yang memperkuat Persita. Pada musim panas lalu Elul menjadi juara PES se-Asia yang diadakan langsung oleh Konami. Rizky sendiri juga juara bertahan setelah memenangi pramusim.

IFeL sendiri sudah ditunjuk secara resmi oleh PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) dan PT.LIB (Liga Indonesia Baru) sebagai operator resmi Kompetisi Liga Sepakbola Virtual di Indonesia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya