Sukses

Inisiatif Grab Sediakan 6 Ribu Kendaraan Listrik di Semarang Didukung Gubernur Jateng

Grab memesan enam ribu kendaraan listrik yang bakal dioperasikan di Semarang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta- Sebanyak kurang lebih enam ribu sepeda motor listrik dipesan Grab dari produsen motor listrik lokal Viar. Enam ribuan sepeda motor listrik itu nantinya akan beroperasi di kota Semarang Jawa Tengah.

Pemesanan tersebut merupakan bagian dari kampanye pelestarian lingkungan hidup #LangKahHijau dari Grab Indonesia yang bertujuan di antaranya untuk mengurangi emisi karbon, sejalan dengan target pemerintah untuk menghadirkan 2 juta unit EV (Electric Vehicle) pada tahun 2025.

"“Kami sangat bangga hari ini dapat memperluas inisiatif #LangkahHijau serta turut membantu pemerintah untuk menggalakkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dengan berkolaborasi bersama VIAR, yang merupakan salah satu produsen kendaraan berbasis listrik lokal," kata Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi dalam acara serah terima di Semarang, Jumat (22/10/2021) WIB.

Kampanye #LangkahHijau merupakan upaya Grab mendukung pelestarian lingkungan hidup di Indonesia. Dalam kampanyenya, Grab menyediakan tiga program yakni inisiatif tambahan Carbon Offsetting with Grab (Langkah Menanam Pohon), Electric Vehicle Provided by Grab (Langkah Kurangi Emisi), dan Recycle with GrabExpress Recycle (Langkah Daur Ulang).

Untuk Langkah Kurangi Emisi, antara Januari 2020 hingga April 2021, sebanyak lebih 8.500 armada kendaraan listrik Grab telah membantu mengurangi emisi CO2 yang diperkirakan hingga 7.500 ton. Angka tersebut setara dengan jumlah penyerapan CO2 oleh lebih dari 350.000 pohon dalam setahun.

"Sejalan dengan pengembangan ekosistem kendaraan listrik, kami percaya akan mengurangi jejak karbon yang bisa berdampak luas bagi lingkungan serta dapat menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat lokal," kata Neneng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Didukung Gubernur Jateng

Inisiatif Grab menyediakan enam ribu sepeda motor listrik di Semarang didukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar, yang juga hadir dalam acara serah terima, menyebut inisiatif Grab dan Viar sangat penting untuk lingkungan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Grab bersama VIAR yang telah berani mengambil keputusan penting dan mengambil tindakan untuk merawat lingkungan yang bukan hanya diperuntukkan bagi kita saat ini, tapi juga demi menjaga anak cucu nanti," katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.