Mengenal Olahraga Bola Tangan, Yuk Pelajari Dulu Teknik Dasar dan Cara Permainannya

Oleh AY Yustiawan pada 21 Okt 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 22 Okt 2021, 10:11 WIB
Bola Tangan Putri Indonesia Menyerah dari Thailand
Perbesar
Pemain bola tangan putri Indonesia, Lia Apriliani (tengah) mencoba mengatur serangan saat melawan Thailand pada babak penyisihan grup B Asian Games 2018 di Jakarta, Kamis (16/8). Indonesia kalah 16-34. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Dalam permainan bola besar ada salah satu olah raga yang disebut bola tangan atau handball. Memang selama ini masyarakat lebih akrab dengan sepak bola, bola voli atau basket.

Padahal, olah raga ini sebetulnya mirip sepak bola. Tapi, bedanya pemain memainkan bola hanya boleh dengan tangan, bukan kaki. Mereka mengoper bola menggunakan tangan ke sesama anggota untuk memasukkan ke gawang lawan sebanyak mungkin.

Lapangan bola tangan memiliki ukuran panjang 90-100 meter dan lebar 55-65 meter. Sementara itu bola yang digunakan ukurannya berbeda antara putra dan putri.

Bola untuk tim putra memiliki berat 425-475 gram, sedangkan putri 325-400 gram. Diameter bola juga berbeda. Bola tangan untuk tim putra kelilingnya lebih besar, yaitu antara 58-60 cm. Sementara untuk putri, keliling bola yang digunakan adalah 54-56 cm.

Bola tangan biasanya dimainkan dua tim masing-masing berisi tujuh orang. Enam orang adalah pemain yang akan bergerak bebas di lapangan dan satu orang sisanya bertindak sebagai kiper

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Teknik Bermain

Bola Tangan Putri Indonesia Hadapi Hong Kong
Perbesar
Pemain bola tangan putri Indonesia, Gadis Risma Septiananda (kiri) mencoba lolos dari pemain Hong Kong pada kualifikasi posisi 7-8 Bola Tangan Putri Asian Games 2018 di Jakarta, Rabu (29/8). Indonesia menyerah 16-30. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelum bermain, ada beberapa teknik dasar yang harus dipelajari, seperti cara melempar bola. Caranya bisa satu tangan di atas kepala, dua tangan di depan dada, hingga dua tangan dari atas kepala.

Kemudian, menggiring dalam permainan bola tangan dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan. Bola bisa dipantulkan ke lapangan permainan (dribble) maupun di bawa sebanyak tiga langkah.

Lay up adalah teknik menaikkan bola dengan tujuan mendekati gawang lawan. Gerakan ini sangat efektif untuk mendahului shooting alias usaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Saat melakukan gerakan menembak, seorang pemain bola tangan harus mengarahkan semua kekuatannya ke arah tangan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jenis Permainan

Bola Tangan Putri Indonesia Menyerah dari Thailand
Perbesar
Pemain bola tangan putri Indonesia, Fitri Anggi Yani (tengah) mencoba mengatur serangan saat melawan Thailand pada babak penyisihan grup B Asian Games 2018 di Jakarta, Kamis (16/8). Indonesia kalah 16-34. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Boa tangan dibagi tiga jenis permainan. Pertama outdoor handball. Permainan bola tangan ini dimainkan oleh 11 pemain di lapangan terbuka.

Kemudian Indoor handball. Permainan bola tangan ini dimainkan oleh 7 pemain di lapangan tertutup. Selanjutnya, permainan bola tangan gabungan, dimainkan di lapangan terbuka, tetapi menggunakan peraturan indoor handball.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lama Permainan

Bola Tangan Putri Indonesia Menyerah dari Thailand
Perbesar
Pelatih timnas bola tangan putri Indonesia, Abdul Kadir memberi arahan pada timnya saat melawan Thailand di babak penyisihan grup B Asian Games 2018 di Jakarta, Kamis (16/8). Indonesia kalah 16-34. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Setiap tim bisa menyediakan tujuh pemain cadangan dalam satu kali permainan. Sebuah tim bisa mengganti pemainnya secara langsung selama permainan berlangsung tanpa perlu memberi tahu wasit.

Bola tangan dimainkan dalam dua babak. Masing-masing babak berlangsung selama 30 menit, dengan waktu istirahat antarbabak selama 15 menit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Peraturan

Bola Tangan Putri Indonesia Hadapi Hong Kong
Perbesar
Pemain bola tangan putri Indonesia, Anisa Yulianti (kanan) menghindari kawalan Lee Man Nga (Hong Kong) pada kualifikasi posisi 7-8 Bola Tangan Putri Asian Games 2018 di Jakarta, Rabu (29/8). Indonesia menyerah 16-30. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selama permainan bola tangan berlangsung, para pemain (kecuali kiper) bisa menyentuh bola dengan semua anggota tubuh dari pinggang ke atas. Dia boleh mengoper, menggiring, ataupun menembakkan bola ke gawang

Saat pemain memilih untuk mempertahankan bola di genggamannya, dia boleh menggiring bola sejauh tiga langkah atau membawanya tanpa dribble selama tiga detik.

Hanya kiper yang boleh berkontak dengan lantai di area gawang. Dia juga boleh keluar area gawang. Namun, jika berada di luar area gawang tidak boleh memegang bola

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya