Sukses

Tak Cuma MotoGP dan Superbike, Mandalika Akan Gelar Ajang Olahraga Lain

Mandalika akan menggelar berbagai ajang sport tourism. Dua sampai tiga balapan selain MotoGP dan Superbike juga akan diadakan disana.

Liputan6.com, Jakarta- Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tengara Timur atau NTB, akan menggelar balap motor bergengsi Superbike pada November 2021 dan MotoGP di Maret 2022. Dua ajang bergengsi ini hanya awalan saja rangkaian kegiatan sport tourism lain yang akan diadakan di The Mandalika.

Kurang dari sebulan sebelum balapan Superbike digelar di Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) meluncurkan Logo Mandalika GP Series dan Mandalika Xperiences.

Adanya dua logo yang diluncurkan pada Selasa (19/10/2021) di Jakarta memiliki tujuan sendiri. Logo Mandalika GP Series akan menjadi identitas resmi untuk semua event yang berkaitan dengan balap (racing) yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit. Sedangkan logo Mandalika Xperiences akan digunakan untuk event-event lainnya selain event balap seperti konser musik, kegiatan seni budaya, dan acara olahraga lainnya.

"Dengan peluncuran logo identitas resmi ini kami nyatakan kesiapan kami dalam menggelar berbagai event sport tourism di The Mandalika, termasuk event balap yang akan berlangsung yaitu Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada tanggal 12-14 November 2021, FIM MOTUL World Superbike (WSBK) pada tanggal 19-21 November 2021 serta FIM MotoGP World Championship (MotoGP) Seri Indonesia pada Maret 2022," kata Direktur Keuangan, Strategi dan Manajemen Risiko ITDC Nugdha Achadie.

Logo baru Sirkuit Mandalika ini akan mulai dipakai dalam rangkaian balapan Superbike yang akan dilakukan November 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Siap

“Kami memperkuat identitas resmi komunikasi dengan serangkaian warna-warna yang segar. Logo Mandalika GP Series menggunakan warna tropis yang menunjukkan kegembiraan baru dari olahraga balap melalui warna yang mewakili daya pikat yang hidup di wilayah Indonesia. Sementara Logo Mandalika Experiences menggunakan warna segar guna memperkuat image Mandalika Experiences sebagai sumber hiburan," terang  Direktur Utama MGPA Ricky F. Baheramsjah.

ITDC dan MGPA pada kesempatan tersebut juga menegaskan Sirkuit Mandalika sudah siap menggelar Superbike. konstruksi lintasan sirkuit telah mencapai 100% dan siap digunakan, sementara konstruksi beberapa fasilitas pendukung seperti Race Control, Pit Building, dan Medical Center ditargetkan siap digunakan saat balapan dimulai.

3 dari 3 halaman

Penonton

Selain itu, ITDC bekerjasama dengan TNI dan Polri tengah menyiapkan command center sebagai pusat pengendalian keamanan saat event berlangsung. Penonton dibatasi hanya 25.000 orang saja dengan protokol kesehatan ketat. Para penonton harus sudah divaksin dua kali.

Dalam waktu dekat MGPA dan ITDC juga akan mengumumkan ajang balapan ternama dunia lain yang akan digelar di Sirkuit Mandalika.  "Kita sedang mengincar dua sampai tiga event balapan lagi. Tapi belum bisa kita kasih tahu. Bulan depan akan diketahui," tutur Ricky.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.