Termasuk Thomas Cup, Bendera Indonesia Dilarang Berkibar di Ajang Olahraga Internasional

Oleh Harley Ikhsan pada 17 Okt 2021, 16:06 WIB
Diperbarui 17 Okt 2021, 22:40 WIB
Ahsan/Hendra
Perbesar
Ganda Putra Indonesia Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan tidak bisa mengibarkan Merah Putih jika juara Thomas Cup 2020. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Tim badminton Indonesia menghadapi China pada final Thomas Cup 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Minggu (17/10/2021). Sayang, capaian ini terasa kurang lengkap dan akan terasa pada upacara juara. 

Indonesia dilarang mengibarkan bendera Merah Putih, kecuali dalam ajang Olimpiade, dalam turnamen internasional. Hukuman tersebut datang dari Badan Antidoping Dunia (WADA) yang efektif per 7 Oktober lalu. 

Sebagai gantinya, bendera yang dikibarkan dan mewakili Indonesia nanti menampilkan logo PBSI selaku induk bulu tangkis di Tanah Air.

"Kalau ada team kita naik podium (emas/perak/perunggu), Bendera Indonesia tidak dikibarkan. Kita harap MoU antara Menpora dan WADA secepatnya," tulis Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto, di akun Twitter.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sanksi WADA

Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto - Piala Thomas 2021
Perbesar
Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto membawa Indonesia menyamakan skor 2-2 setelah menang atas Natthapat Trinkajee / Tanpuat Viriyangkura pada partai keempat Grup A Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Senin (11/10/2021). (foto: BWF-Limited

Selain pengibaran bendera, Indonesia juga tidak bakal dianugehrahkan status tuan rumah kejuaraan level regional, kontinental, dan dunia selama masa penangguhan.

Selain itu, perwakilan Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) juga dilarang duduk sebagai anggota dewan di komite sampai status sanksi dipulihkan, atau minimal menjalani masa penangguhan selama satu tahun.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya