Sukses

Atlet Wushu DKI Jakarta Berharap Dapat Tempat Latihan Permanen

Wushu DKI Jakarta membutuhkan tempat latihan permanen. Mereka selama ini harus berpindah-pindah tempat latihan,

Liputan6.com, Jakarta Cabang olahraga (cabor) wushu merupakan salah satu andalan DKI Jakarta untuk menyumbang medali di Pekan Olahraga Nasional atau PON. Terakhir di PON XX Papua 2021, wushu juga menyumbangkan banyak medali.

Tim Wushu DKI Jakarta total berhasil membawa pulang 14 medali di PON XX Papua 2021 dengan rincian 5 emas, 4 perak dan 5 perunggu.

Tidak heran jika peraih dua medali emas PON XX Papua 2021, Edgar Xavier Marvelo mengharapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawesdan memberikan perhatian terhadap olahraga wushu dengan memberikan fasilitas tempat latihan. 

Apalagi, atlet wushu DKI Jakarta selama ini bukan hanya rutin menyumbangkan medali emas pada setiap pelaksanaan PON tetapi juga sudah banyak yang meraih prestasi dunia.  

Sebut saja nama Gogi Nebulana yang merupakan atlet wushu pertama Indonesia meraih gelar juara pada Kejuaran Dunia Wushu di Beijing tahun 2007. Kemudian, Susyana yang meraih perunggu pada Kejuaraan Dunia di Kanada 2009, perak Asian Games Doha 2006 dan perunggu Asian Games di China 2010. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Edgar

Disusul Erwin Wijayanto yang meraih perunggu pada Kejuaraan Dunia Wushu di Kanada 2009 dan Ahmad Khulaefi yang meraih perak Kejuaraan Dunia 2017 dan perunggu Asian Games 2018.

Lalu, Abdul Haris Sofian yang menjadi juara dunia Sanda pada Kejuaraan Dunia Wushu di Rusia 2017, dan Edgar Xavier Marvelo yang meraih gelar juara dunia pada Kejuaraan Dunia Wushu di Beijing 2019 setelah sebelumnya meraih perak pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

"Ya, kami memang berharap pak Gubernur DKI Jakarta memberikan fasilitas tempat latihan seperti cabor olahraga lain yang sudah mendapat tempat di PPOP Ragunan. Selama ini, kami menjalani latihan berpindah-pindah untuk persiapan menghadapi kejuaraan nasiona (kejurnas) maupun PON," kata Edgar Xavier Marvelo di Jakarta, Sabtu (16/10/2021). 

3 dari 3 halaman

Nandhira Mauriskha

Harapan yang sama juga dilontarkan peraih 1 emas dan 1 perak PON XX Papua 2021, Nandhira Mauriskha. "Ya, kita memang butuh tempat latihan di PPOP Ragunan. Selama ini kita menjalani latihan di Mall dan sempat terganggu karena adanya pandemi covid 19," kata Nandhira Mauriskha, adik kandung Ahmad Khulaefi. 

"Atlet wushu DKI Jakarta itu bukan hanya rutin meraih medali di PON tetapi juga di multi event SEA Games maupun Asian Games. Jadi, mereka memang butuh tempat latihan dalam rangka mempertahankan sekaligus meningkatkan prestasi di ajang nasional maupun intenasional," ujar Susyana, pelatih Tim Wushu DKI Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.