Sukses

Gary Lineker Sumbang Rp57,9 Juta untuk Bantu Operasi Pemain Putri Doncaster Rovers Belles

Mantan pesepak bola asal Inggris Gary Lineker menyumbangkan 3.000 poundsterling (Rp57,9 juta) untuk memenuhi kebutuhan biaya operasi pemain putri Doncaster Rovers Belles

Liputan6.com, Jakarta - Eks pemain Inggris Gary Lineker menyumbangkan 3.000 poundsterling atau kurang lebih Rp57,9 juta untuk membantu memenuhi biaya operasi pesepak bola wanita Doncaster Rovers Belles, Sophie Scargill, yang cedera.

Melansir SportBible, Scargill diketahui menderita cedera pada September lalu setelah mengalami robekan pada ligamen meniskusnya pada sesi latihan. Hal ini lantas menimbulkan kerusakan ACL (Anterior Cruciate Ligament) dan LCL (Lateral Collateral Ligament) padanya.

Sayang, Doncaster Rovers Belles tak membantu Scargill membayar biaya operasinya. Akibat hal ini, Scargill mulai melakukan crowdfunding demi mengumpulkan 5.000 poundsterling untuk operasi.

Pemain berusia 26 tahun tersebut berhasil mengumpulkan 2.128 poundsterling pada Jumat lalu. Sebagian dari dana ini terkumpul berkat bantuan pemain Rovers James Coppinger, Ben Whiteman, dan Matty Blair.

Adapun, Gary Lineker lantas menutup sisa kebutuhan operasi dengan menggelontorkan 3.000 poundsterling bagi Sophie Scargill.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membantu dengan Senang Hati

Dikutip dari SportBible, presenter Match of The Day tersebut mengungggah pesan di laman Just Giving. Ia juga mengharapkan agar sang pemain Doncaster Rovers Belles dapat segera pulih dan kembali ke lapangan.

“Saya melihat Anda membutuhkan 3000 pundsterling lagi. Saya membantu dengan senang hati. Semoga Anda dapat segera kembali bermain,” tulis Lineker dalam laman tersebut, seperti dilansir dari SportBible.

3 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih

Sebagai respons atas bantuan Lineker, pemain Rovers Belles menulis ucapan terima kasih melalui akun Twitter-nya. Ia menyebut bahwa donasi yang diberikan Lineker amat berarti sehingga ia bisa memulai proses pemulihannya.

“(Saya) tidak bisa berkata-kata. Tidak bisa memercayai semua ini. Terima kasih dari lubuk hati saya kepada semua orang yang telah dengan murah hati membantu saya mencapai target. Gary Lineker, donasi Anda yang luar biasa membuat saya bisa memulai proses pemulihan sekarang,” cuitnya melalui Twitter.

4 dari 4 halaman

Tak Bisa Menunggu

Sebelum dana operasinya terkumpul, Scargill mengungkapkan kepada Yorkshire Post bahwa dirinya sempat diberi tahu soal asuransi yang ia miliki. Namun, asuransi tersebut hanya berniliai 250 poundsterling. Jumlah itu bahkan tak cukup untuk membayar scan MRI yang biayanya mencapai 350 poundsterling.

“Saya sama sekali tidak menghina NHS, tetapi saya tak bisa menunggu dua tahun untuk opersi karena kesehatan mental saya akan menurun. Dokter mengatakan bahwa hal itu akan meningkatkan peluang saya tak bisa bermain (sepak bola) lagi. Saya panik dan menyadari saya tak punya 5.000 poundsterling (untuk operasi),” tuturnya.

“Banyak orang menyarankan untuk melakukan crowdfunding sehingga saya tak perlu mengambil pinjaman,” sambung Scargill.

 

Penulis: Melinda Indrasari 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.