Sukses

Piala Thomas 2020: Indonesia ke Semifinal, Anthony Ginting cs Diminta Tidak Terlena

Tim bulu tangkis putra Indonesia akan menghadapi Denmark di semifinal Piala Thomas 2020 yang berlangsung malam ini.

Liputan6.com, Aarhus - Indonesia lolos ke semifinal Piala Thomas 2020. Kepastian tersebut didapat setelah skuat Merah Putih menang 3-0 atas Malaysia di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Jumat (15/10/2021) malam WIB.

Tiga poin Indonesia disumbang Anthony Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon, dan Jonatan Christie. Di semifinal turnamen bulu tangkis beregu putra itu, Sabtu, 16 Oktober, Indonesia akan menghadapi Denmark.

Hasil ini disambut positif Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky. Keberhasilan itu juga sedikit mengobati rasa kecewa menyusul kegagalan Indonesia lolos ke semifinal Piala Uber usai dikalahkan Thailand 2-3.

"Kemenangan tim Piala Thomas atas Malaysia tentu layak disambut gembira. Para pemain sudah tampil baik. Performanya meningkat. Tetapi, hal ini jangan sampai membuat pemain terlena," kata Rionny di Hotel Scandic Aarhus, Denmark, seperti dalam rilis PP PBSI.

Rionny menambahkan, secara umum baik di tunggal maupun ganda, penampilan pemain bisa dikatakan lebih meningkat dibandingkan saat bertemu Thailand dan Chinese Taipei di penyisihan grup.

"Grafik kepercayaan diri dan motivasi para pemain sudah naik lagi. Semua yang diharapkan dari pelatih sudah bisa muncul di tengah lapangan. Pemain sudah berusaha untuk mempersembahkan dan memberi yang terbaik untuk tim," sebut Rionny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampil mengesankan

Menurutnya, Anthony Ginting, Marcus / Kevin, dan Jonatan tampil mengesankan. Terbukti Ginting dan Minions bisa membayar lunas kekalahan atas andalan Malaysia pada Piala Sudirman 2021 di Finlandia.

Sementara Jojo, walaupun di game pertama kalah, bisa tampil lebih baik pada dua game selanjutnya. Terbukti, peraih emas Asian Games 2018 itu akhirnya menang dan memastikan Indonesia menang 3-0 atas Malaysia.

"Jojo juga bermain baik. Ini modal untuk menghadspi pertandingan berikut yang pasti lebih berat," ujar Rionny.

 

3 dari 4 halaman

Evaluasi

Meski demikian, Rionny meminta pelatih dan pemain bisa terus meng evaluasi untuk perbaikan. Ini mengingat di semifinal melawan Denmark terasa makin berat.

"Ini permainan beregu. Jadi pelatih dan pemain terus melakukan evaluasi menyangkut bagaimana persiapan ke depan menghadapi pertandingan selanjutnya," ujar Rionny.

"Yang pasti, kemenangan ini jangan membuat kita jadi puas karena masih ada pertandingan yang lebih berat di depan," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Hasil pertandingan

Indonesia vs Malaysia 3-0

Anthony Ginting vs Lee Zii Jia 21-15, 21-17

Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon vs Aaron Chia / Soh Wooi Yik 21-17, 16-21, 21-15

Jonatan Christie vs NG Tze Yong 14-21, 21-19, 21-16

Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto vs Goh Sze Fei / Nur Izzuddin (tidak dimainkan)

Shesar Hiren Rhustavito vs Leong Jun Hao (tidak dimainkan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.