Sukses

Newcastle Dapat Pangeran Arab, MU dan Man City Minta Adakan Pertemuan

Dua klub kota Manchester, Manchester United (MU) dan Manchester City (Man City) kabarnya mendesak ada pertemuan darurat. Pertemuan itu bertujuan membahas peralihan kepemilikan Newcastle United ke tangan perusahaan Arab Saudi.

Liputan6.com, Newcastle - Dua klub kota Manchester, Manchester United (MU) dan Manchester City (Man City) kabarnya mendesak ada pertemuan darurat. Pertemuan itu bertujuan membahas peralihan kepemilikan Newcastle United ke tangan perusahaan Arab Saudi.

Seperti diketahui, Saudi Arabia Public Investment Fund (PIF) akhirnya mengambil alih Newcastle dari Mike Ashley. Kesepakatan itu rumornya mencapai 305 juta pound sterling.

PIF sejatinya tak sendiri mengambil alih Newcastle United. Mereka bergabung bersama PCP Capital Partners, dan RB Sports and Media

Peralihan kepemilikan itu langsung membuat fans Newcastle United semringah. The Magpies pun langsung digadang-gadang mengikuti jejak Man City sebagai klub kaya.

Untuk diketahui, PIF merupakan konsorsium yang dimiliki pangeran Arab Saudi, Muhammad bin Salman.Sementara, Man City merupakan milik pengusaha Timur Tengah lainnya, Sheikh Mansour.

Dilansir Manchester Evening News, peralihan kepemilikan itu membuat MU dan City mendesak adanya pertemuan. Mereka khawatir reputasi Liga Inggris akan tercederai usai peralihan itu.

Maklum, Arab Saudi selama ini mendapat protes dari aktivis Hak Asasi Manusia (HAM). Protes itu berkaitan dengan pembunuhan jurnalis Jamal Kashogi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Ditolak

Sebelumnya, PIF ingin mengambil alih Newcastle pada Maret 2020. Namun Ashley menolaknya empat bulan kemudian.

Akan tetapi fans Newcastle sendiri sangat ingin Ashley keluar. Pasalnya, Ashley dianggap tidak memperhatikan nasib klub.

Kini dengan masuknya PIF, fans berharap Newcastle bisa menggaet pelatih top dan pemain bintang.

3 dari 3 halaman

Investasi Jangka Panjang

Sementara itu, CEO PCP Capital Partners, Amanda Staveley mengatakan, kepemilikan Newcastle merupakan investasi jangka panjang dari pihaknya. Ia juga ingin Newcastle kembali menjadi klub besar di Inggris.

"Kami bermaksud memasukan filosofi klub ke dalam semua sisi, memiliki tujuan yang jelas dan membantu Newcastle United mencapai prestasi besar dalam jangka panjang," katanya seperti dilansir CNN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris
    Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris

    Newcastle United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris