Sukses

Dikaitkan dengan Barcelona, Roberto Martinez Mengaku Masih Ingin Fokus pada Timnas Belgia

Pelatih Belgia Roberto Martinez kerap dikaitkan dengan Barcelona usai Ronald Koeman meraih hasil buruk pada awal musim, akan tetapi Martinez masih ingin fokus pada Timnas Belgia

Liputan6.com, Jakarta Kepala pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez, belakangan ini kerap dikaitkan dengan Barcelona. Ia disebut akan menggantikan posisi Ronald Koeman di kursi pelatih Blaugrana.

Meski demikian, Martinez menegaskan bahwa ia akan tetap fokus pada tugasnya di Timnas Belgia. Dikutip dari Goal.com, pelatih berusia 48 tahun tersebut bahkan sangat bersemangat dengan prospek tim besutannya di Nations League.

Posisi Ronald Koeman di Camp Nou memang mulai dipertanyakan menyusul hasil awal klub yang mengecewakan pada musim 2021-22. Adapun, nama Martinez disebut-sebut bisa menjadi pengganti Ronald Koeman di Barcelona.

Akan tetapi, Martinez yang juga merupakan orang Catalan, nampaknya tengah berkonsentrasi penuh untuk menangani Timnas Belgia. Apalagi anak-anak asuhnya bakal segera menghadapi laga semifinal Nations League melawan Prancis pada Jumat (8/10/2021) dini hari WIB.

Terkait potensinya pindah ke Barcelona, Martinez mengaku belum berpikir banyak soal masa depan. Ia bahkan menyebut dirinya sangat senang dengan pekerjaan yang tengah ia lakoni bersama Red Devils.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Martinez

“Sejujurnya, saya tidak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan masa depan saya. Karier saya menunjukkan bahwa saya tak membuat rencana khusus untuk sampai di titik ini. Saya hanya pergi dari proyek ke proyek,” ujar Martinez kepada Goal.com.

“Dalam sepak bola, jika Anda mulai berpikir, Anda hanya akan menurunkan kinerja dan menjadi kurang berprestasi. Dalam kasus saya, saya sangat senang dengan hal yang saya lakukan (melatih Timnas Belgia) dan saya hanya mencoba untuk mencapai langkah selanjutnya,” sambung eks manajer Everton tersebut.

3 dari 4 halaman

Posisi Belgia di Nations League

Pasukan Martinez akan menghadapi Prancis di partai semifinal Nations League. Jika Red Devils berhasil menuai kemenangan, Martinez harus menghadapi tim milik tanah kelahirannya sendiri, yakni Spanyol. Spanyol berhasil memenangkan laga semifinal kontra Italia dengan skor 2–1.

Martinez sempat memberi komentar soal potensi anak asuhnya berhadapan dengan Spanyol sebelum laga semifinal antara La Roja kontra Gli Azzuri. Martinez menyebut dirinya bangga dengan pencapain Spanyol. Akan tetapi, ia tak menampik pertandingan Belgia melawan Spanyol akan terasa aneh baginya.

“Memang benar salah satu hal aneh adalah pertandingan pertama saya sebagai pelatih tim nasional (Belgia) melawan Spanyol,” tutur Martinez seperti dilansir dari Goal.com.

4 dari 4 halaman

Komentar Martinez soal Luis Enrique

Di sisi lain, Martinez juga menyanjung kinerja pelatih kepala Spanyol Luis Enrique. Pasalnya, pelatih La Roja tersebut tengah aktif memperkenalkan banyak wajah baru di skuadnya, termasuk pemain muda Barcelona Gavi.

“Dia (Luis Enrique) melakukannya dengan sangat baik. Saya pikir dia memiliki cara kerja yang sangat jelas dan mengenai bagaimana dia ingin timnya bermain,” tutur Martinez.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.