Bola Ganjil: Rumput Tetangga Lebih Hijau untuk Newcastle United

Oleh Harley Ikhsan pada 29 Sep 2021, 00:30 WIB
Diperbarui 29 Sep 2021, 00:30 WIB
ilustrasi BOLA GANJIL
Perbesar
Newcastle United bisa meraih trofi lebih banyak dan menghemat pengeluaran perjalanan jika meninggalkan Liga Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Newcastle United merupakan salah satu klub tradisional Inggris. Dengan basis fans besar, The Magpies memiliki banyak modal untuk meraih prestasi.

Namun, klub berusia 128 tahun tersebut 'cuma' empat kali menduduki takhta Inggris. Prestasi terakhir dirasakan hampir satu abad lalu, tepatnya pada 1926/1927.

Newcastle United tertinggal 16 gelar dari Manchester United selaku kolektor titel terbanyak. Jumlah trofi mereka di kasta tertinggi bahkan sama dengan keberhasilan menjadi juara Divisi I.

The Magpies, yang berbasis di Newcastle upon Tyne, patut menyesali kondisi. Mereka bisa mendapat prestasi lebih jika berkompetisi di negara lain.

Pasalnya, secara geografis mereka lebih dekat dengan Skotlandia ketimbang rival-rival di Liga Inggris.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rival Lebih Sedikit, Jarak Lebih Dekat

ilustrasi bola ganjil
Perbesar
bola ganjil (Liputan6.com/Abdillah)

Jika berkompetisi di Skotlandia, musuh terbesar Newcastle United adalah dua raksasa asal Glasgow, Rangers dan Celtic. Rangers memiliki 55 titel dengan Celtic mengoleksi 51 gelar.

Jarak tempuh dari Newcastle upon Tyne ke Glasgow hanya 243km. Bandingkan dengan jarak Newcastle upon Tyne ke London yakni 466km.

Jika ditotal, The Magpies harus menempuh 14.039km untuk mengunjungi 19 markas tim lain di Liga Inggris pada 2021/2022. Angka itu hampir dua kali libat ketimbang menyambangi rumah 12 tim Liga Skotlandia dalam semusim.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Zenit ke Estonia?

ilustrasi BOLA GANJIL
Perbesar
ilustrasi BOLA GANJIL (Liputan6.com/Abdillah)

Newcastle United bukan satu-satunya klub yang berpotensi meningkatkan prestasi kalau berkompetisi di wilayah yang lebih dekat.

Zenit hampir pasti bakal makin mendominasi jika berkompetisi di Estonia. Berbasis di St Petersburg, Rusia, rival terdekat mereka adalah FC Khimki, sedikit di luar Moskow. Sementara kalau tampil di Estonia, lawan terjauh Zenit yakni FC Kuressare di Saaremaa.

Kalau dibandingkan, jarak St Petersburg ke Saaremaa lebih dekat 135km ketimbang ke Moskow. Rata-rata jarak perjalanan Zenit pun turun 74 persen kalau bersaing di Estonia atau berkurang 1.800km.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya