Sukses

Eksibisi Esports PON XX Sukses, Atlet Indonesia Diharapkan Semakin Berprestasi

Eksibisi esports di PON XX Papua sudah selesai dan berlangsung dengan sukses.

Liputan6.com, Jakarta- Eksibisi esports Esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 resmi ditutup pada Minggu (26/9/2021) malam WIB. Penutupan dilakukan oleh Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Bambang Soesatyo. PBESI berharap atlet esports bakal semakin berprestasi di kancah dunia mengharumkan nama Indonesia.

Eksibisi Esports PON XX berlangsung sejak 21 September 2021 di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. Total Ada empat kategori yang dipertandingan yakni game PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, dan Pro Evolution Soccer (PES) 2021 atau eFootball 2021.

Pada game eFootball PES 2021, Jawa Barat keluar sebagai juara. Jabar merebut medali emas usai menang 2-1 atas Kalimantan Selatan di final. Jabar mengandalkan duet Ferry Gumilang dan Rizky Faidan.

Sementara itu Kalimantan Barat merebut medali emas di Mobile Legends. Di babak final, Kalbar mengalahkan Jawa Tengah 2-1.

Adapun pada PUBG Mobile, DKI Jakarta yang merebut medali emas. Diperkuat Zuxxy, Luxxy, Jayden, dan Redface, DKI menjadi yang terbaik mengungguli 15 provinsi lain.

Medali perak PUBG Mobile jadi milik Papua Barat, perunggu dibawa pulang Sulawesi Utara. Sedangkan Sulawesi Tenggara berjaya di Free Fire setelah menungguli Bengkulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan

Kesuksesan eksibisi Esports di PON XX diharapkan bisa membuat Indonesia bisa merajai esports di Asia dalam waktu dekat.

Esports Indonesia yang diketuai oleh Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan memang memiliki Visi dan Misi untuk mengembangkan dan mempromosikan ekosistem Esports yang stabil dan membawa Indonesia menjadi pemimpin Esports di kawasan Asia. Budi Gunawan juga ingin Indonesia jadi pusat Esports di Asia yang paling aktif dan menarik.

Bamsoet yang juga Ketum MPR RI dalam sambutan penutupan Esports PON XX mengatakan, Esports bukanlah olahraga kaleng-kaleng. Menurutnya ada potensi yang besar dalam gelaran kompetisi esports di Indonesia. Esports menurutnya bisa membangkitkan perekonomian Indonesia yang tengah terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Ini bukan olahraga kaleng-kaleng ini olahraga yang bisa memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional," ujarnya saat menutup Eksibisi Esports PON XX di di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Sabtu (26/9/2021).

Bamsoet mengapresiasi atlet yang telah berkontribusi dalam ajang Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. Bamsoet juga menyampaikan pesan dari Ketum PB ESI Budi Gunawan yang menyebut atlet-atlet Esports Indonesia adalah tunas-tunas bangsa yang akan mengharumkan nama negara di masa yang akan datang.

“Khusus bagi atlet dapat salam dari ketua umum PB Esports Bapak Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, beliau menyampaikan pada saya bahwa kalian adalah tunas-tunas bangsa yang akan membawa nama besar Indonesia dan memberikan berkontribusi pada Indonesia di masa yang akan datang," ujar Bamsoet menyampaikan pesan dari Budi Gunawan dihadapan peserta Eksibisi Esports PON XX.

3 dari 3 halaman

KONI

Bamsoet mengatakan tantangan Esports Indonesia akan semakin besar dalam event-event internasional. Selain itu, Esports dinilai juga akan menjadi ladang pendapatan negara serta membuka banyaknya lapangan pekerjaan.

"Esports Indonesia menjadi bagian pundamental dari pengembangan dan kemajuan industri digital nasional yang berprotesi menyumbang pendapatan negara sekitar 1,7 dollar us atau 25 triliun pertahun," tuturnya.

Bamsoet kemudian menyerukan agar seluruh insan yang terlibat dalam Esports Indonesia untuk berkolaborasi dan bersinergi demi menjadikan Esports Indonesia berbicara banyak di kancah Internasional.

“Kami serukan untuk insan esports nasional untuk siap berkolaborasi dan bersinergi untuk menjadikan Esports Indonesia makin kreatif, berprestasi dan berpotensi secara ekonomi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengatakan semenjak PBESI disahkan sebagai anggota KONI Pusat kemajuannya dinilai sangat cepat dan pesat. Marciano menyebut kerja keras dari PBESI layak dengan hadirnya Esport diajang Eksibisi PON XX Papua 2021.

"Saya rasa apa yg mereka tampilkan pada eksibisi ini adalah satu wujud kerja keras dan betapa mereka yang ada dalam organisasi PBESI Esports dan para atlet-atletnya memang punya tekad selalu jadi yang terbaik," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.