Sukses

Menpora: Pemerintah Tanggung Biaya Pengobatan Eks Pebulutangkis Verawaty Fajrin

Pemerintah mengeklaim pihaknya akan menanggung biaya pengobatan legenda bulu tangkis Indonesia Verawaty Fajrin yang tengah menjalani pengobatan kanker paru-paru di RS Dharmais

Liputan6.com, Jakarta Mantan legenda bulu tangkis Indonesia di nomor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran Verawaty Fajrin tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Kanker Nasional Dharmais setelah diketahui mengidap kanker paru-paru.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali menegaskan pemerintah akan menanggung seluruh biaya pengobatan Verawaty. Hal ini disampaikannya ketika berkungjung ke RS Dharmais pada Senin (20/9/2021) lalu.

“Saya sampaikan pada keluarga dan Pak Dirut rumah sakit, silakan (Verawaty) dirawat secara maksimal dan pemerintah akan menanggung semua biayanya,” ujar Menpora Amali seperti dilansir dari situs resmi Kemenpora.

Terkait hal ini, suami Verawaty, Fajrin, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo dan Menpora Zainudin Amali atas perhatian dan bantuan yang disalurkan kepada mantan pebulu tangkis andalan Indonesia tersebut.

“Pak Menpora tadi berkunjung mewakili Pak Presiden, menangani pengobatan Bu Vera. Saya ucapkan terima kasih Ibu Vera kepada Pak Jokowi. Begitu besar bantuan dan perhatian beliau,” ujar Fajrin di RS Dharmais, dikutip dari situs Kemenpora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mulai Ceria

Usai menerima semangat dan kunjungan dari Menpora Amali, Fajrin mengeklaim istrinya mulai ceria. Ia bahkan disebut telah mulai berbicara.

“Alhamdulillah dia ceria, mudah-mudahan semangat terus sampai sembuh. Saya harap masyarakat (memberi) doanya untuk kesembuhan Ibu Verawty,” tutur Fajrin.

3 dari 4 halaman

Dikunjungi Erick Thohir

Tak hanya Menpora Amali, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga diketahui sempat mengunjungi Verawaty Fajrin di RS Dharmais. Melansir laporan Liputan6.com, Erick datang bersama Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.

Dalam kunjung tersebut, BNI selaku sponsor utama cabang olahraga bulu tangkis turut serta mengucurkan bantuan kepada Verawaty sebesar Rp350 juta.

Verawaty memang tercatat telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Erick bahkan menilai, bantuan pemerint tak sebanding dengan prestasi yang diraih Verawaty selama berkarier sebagai pebulu tangkis Indonesia.

4 dari 4 halaman

Prestasi Verawaty

Verawaty tercatat berhasil menyabet 12 medali emas SEA Games sepanjang kariernya sebagai pebulu tangkis. Ia juga pernah meraih medali emas di nomor ganda putri Asian Games pada 1978 serta mengamankan posisi sebagai juara dunia tunggal putri pada 1980 dan ganda campuran pada 1986.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.