Sukses

5 Olahraga Simpel yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan, Terapkan dari Sekarang!

Jogging selama 30 menit diperkirakan dapat membakar kalori sekitar 298 kalori. Sementara dengan berlari dapat membakar sekitar 372 kalori.

Liputan6.com, Jakarta - Badan terasa berat dan tidak nyaman dilihat. Saat menimbang berat badan ternyata angkanya meningkat beberapa kilogram.

Tenang, kamu tidak sendirian. Di masa pandemi saat ini, kelebihan berat badan menjadi persoalan yang dihadapi banyak orang.

Meski banyak orang seperti kamu, kelebihan berat badan tidak bisa dibiarkan saja. Pasalnya, berat badan berlebih kerap dekat dengan risiko berbagai penyakit dan membuat hidup kurang berkualitas.

Mumpung belum meningkat drastis dan masih bisa dikendalikan, yuk perbaiki pola makan dan mulai rutin berolahraga.

Agar gak ada alasan untuk malas olahraga, kamu bisa membiasakan olahraga simpel ini sebagai upaya konkrit untuk turunkan berat badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Yoga

Di masa sekarang ini, Yoga menjadi cara yang sangat populer untuk berolahraga, menurunkan berat badan dan menghilangkan stres. Yoga selama 30 menit setidaknya bisa membakar sekitar 149 kalori. Meski, tidak drastis dapat menurunkan berat badan, melakukan yoga cukup membantu untuk membakar lemak pada tubuh dan juga meregangkan tubuh biar tidak kaku.

2. Berjalan

Berjalan merupakan satu di antara olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi menyebutkan beberapa orang dengan tingkat obesitas tinggi, yang berjalan selama 50-70 menit tiga kali per minggu dapat mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang. 

Kegiatan ini menjadi awalan yang mudah dilakukan oleh pemula tanpa harus membeli peralatan olahraga. Selain memiliki dampak rendah, berjalan-jalan sekitar rumah akan membuat stres hilang

 

3 dari 3 halaman

3. Jogging dan Lari

Jogging dan lari menjadi kegiatan yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Meski terlihat sama, keduanya dibedakan dari kecepatan bergeraknya. Saat joging kecepatan akan berada pada 6,4-9,7 km/jam, sedangkan lari umumnya dengan kecepatan 9,7 km/jam.

Jogging selama 30 menit diperkirakan dapat membakar kalori sekitar 298 kalori. Sementara dengan berlari dapat membakar sekitar 372 kalori.

4. Sepeda Statis

Ingin berolahraga di dalam rumah? Maka bersepeda menggunakan sepeda statis menjadi pilihan tepat. Gerakan mengayuh yang dilakukan selama 30 menit mampu membakar sekitar 210–310 kalori.

5. Bersepeda 

Bersepeda jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Ampuh untuk menurunkan berat badan bila dilakukan secara benar dan rutin.  Bersepeda selama 30 menit setidaknya bisa membakar lebih dari 260 kalori. Semakin cepat mengayuh sepeda, kalori bisa terbakar lebih banyak. 

Namun perlu diingat, efek olahraga dalam membakar kalori di tubuh bisa berbeda-beda setiap orang. Pasalnya, jumlah kalori yang dibakar bergantung pada intensitas olahraga dan berat badan masing-masing.

Agar lebih semangat untuk olahraga rutin, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Tidur yang cukup dan konsumsi makanan sehat. Lakukan di pagi atau sore hari. Ajak kerabat, maupun teman dekat untuk berolahraga bersama. Siapkan segala keperluan olahraga dengan baik, mulai dari pakaian olahraga yang nyaman, alas yoga, sepeda, dan terpenting sepatu olahraga.

Untuk urusan sepatu olahraga, brand Adidas merupakan salah satu yang paling banyak disukai. Bahkan, para atlet profesional domestik maupun mancanegara menjadikan Sepatu Adidas sebagai andalan mereka. 

Desain stylish, nyaman dan tersedia berbagai model untuk bermacam-macam olahraga, menjadi alasan kamu untuk memilih sepatu adidas. Temukan beragam model sepatunya di Adidas Indonesia Official di Tokopedia. Banyak promo menarik dan gratis ongkir. 

Pesan di Tokopedia dan tunggu sepatu impianmu datang ke rumah.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.