Sukses

Tim Peserta Piala Sudirman 2021: Indonesia Minim Kejutan, Tiongkok Tanpa Peringkat 1 Dunia

Peserta Piala Sudirman 2021 mulai mengumumkan skuat untuk turnamen di Vantaa, Finlandia, 26 September-3 Oktober mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Peserta Piala Sudirman 2021 mulai mengumumkan skuat untuk turnamen di Vantaa, Finlandia, 26 September-3 Oktober mendatang.

Indonesia merilis komposisi tim pada Senin (13/9/2021). Tidak ada kejutan berarti selain hadirnya beberapa junior dalam tim beranggotakan 20 orang, yakni Putri Kusuma Wardani dan Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Berbeda dengan tim lain. Favorit utama Tiongkok, pengoleksi gelar terbanyak (11) sekaligus juara bertahan, tidak mencantumkan nama runner-up Olimpiade Tokyo Chen Long, peringkat empat dunia ganda putra Li Junhui/Liu Yuchen, serta posisi satu dunia ganda campuran Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Unggulan kedua Jepang kehilangan trio Hiroyuki Endo, Takeshi Kamura, dan Keigo Sonoda yang pensiun, dengan Sayaka Hirota masih memulihkan cedera, untuk turnamen bulu tangkis beregu campuran paling bergengsi nanti.

Chinese Taipei, yang berstatus unggulan 3/4 bersama Indonesia, tidak mengirim duo tungggal putri Tai Tzu Ying dan Wang Tzu Wei, serta ganda putra Lee Yang/Wang Chi Lin.

Komposisi tim lain juga berkurang pada Piala Sudirman kali ini. Tunggal putri Ratchanok Intanon tidak membela Thailand karena masih berduka menyusul meninggalnya sang ibu. Sementara India tidak mengandalkan duo tunggal putri PV Sindhu dan Saina Nehwal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paceklik Panjang

Indonesia memenangkan Piala Sudirman pada edisi perdana tahun 1989. Namun, hingga kini itu masih menjadi satu-satunya gelar bagi Tanah Air.

Untuk edisi 2021, Indonesia masuk Grup C bersama ROC, Denmark, dan Kanada.

3 dari 4 halaman

Daftar Skuat Indonesia

Putra:

Anthony Sinisuka Ginting

Jonatan Christie

Shesar Hiren Rhustavito

Marcus Fernaldi Gideon

Kevin Sanjaya Sukamuljo

Mohammad Ahsan

Hendra Setiawan

Fajar Alfian

Muhammad Rian Ardianto

Praveen Jordan

Rinov Rivaldy

Putri:

Gregoria Mariska Tunjung

Putri Kusuma Wardani

Ester Nurumi Tri Wardoyo

Greysia Polii

Apriyani Rahayu

Ribka Sugiarto

Siti Fadia Silva Ramadhanti

Melati Daeva Oktavianti

Pitha Haningtyas Mentari

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Grup A: Tiongkok, Thailand, Finlandia, India

Grup B: Chinese Taipei, Korea Selatan, Tahiti, Jerman

Grup C: Indonesia, Denmark, ROC (Komite Olimpiade Rusia), Kanada

Grup D: Jepang, Malaysia, Inggris, Mesir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.