Sukses

Maverick Vinales Bidik Rekor Sulit di MotoGP Aragon 2021

Setelah pindah dari Yamaha ke Aprilia, rekor apa yang menanti Maverick Vinales di MotoGP 2021?

Liputan6.com, Aragon - Maverick Vinales berkesempatan mencatat sejarah di MotoGP 2021, dimulai pada balapan Aragon akhir pekan ini. Bakal melakoni debut bersama Aprilia, sosok asal Spanyol itu bisa menjadi nama kedua yang memenangkan balapan menggunakan tunggangan berbeda.

Sepanjang 73 tahun penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor, hanya ada satu nama yang mampu melakukannya di kelas utama.

Dia bukan Giacomo Agostini sang pemegang rekor juara dunia 15 kali, melainkan Mike Hailwood.

Pada 1961, Hailwood memenangkan seri ketika di Isle of Man bersama Norton. Sebelum musim berakhir, dia hengkang ke MV Agusta. Bersama pabrikan Italia itu Hailwood berjaya di Monza.

Selain Hailwood, ada beberapa nama yang hampir melakukannya. Daftarnya mencakup John Hartle (1960), Phil Read (1964), dan Angelo Bergamonti (1970).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juara di Losail

Kalaupun gagal di Aragon, Vinales masih memiliki kesempatan lima balapan sisa musim ini. Balapan berlangsung di Misano (dua kali), COTA, Portimao, dan Valencia.

Sebelumnya Vinales memenangkan seri pembuka 2021 di Losail, Qatar. Namun, kinerjanya setelah itu anjlok dan berujung berakhirnya kerja sama dengan pabrikan Yamaha.

3 dari 3 halaman

Lebih Cepat

Vinales lalu menerima pinangan Aprilia untuk 2022. Setelah menjalani tes di Misano, kedua pihak sepakat mempercepat kerja sama.

"Meski berpengalaman, belum tentu dia mudah menaklukkan RS-GP. Maka dari itu tes ini sangat penting. Apalagi kami melakukannya di Misano yang kurang bersahabat dengan Aprilia," kata Direktur Teknis Aprilia Racing Romano Albesiano.

"Menganalisa semuanya, kami puas dengan kinerja Maverick selama tes. Baik perasaannya menunganngi RS-GP dan kemampuannya beradaptasi di tim," sambungnya, dilansir situs resmi MotoGP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.