Sukses

Buntut Insiden Duel Brasil vs Argentina, 4 Pemain Dipulangkan ke Inggris

Empat pemain Argentina akan kembali ke Inggris dan mereka akan melewatkan kualifikasi Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Empat pemain Argentina telah dikeluarkan dari skuad menjelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Bolivia setelah mereka diklaim telah melanggar undang-undang Covid-19. Mereka adalah Cristian Romero, Giovani Lo Celso, Emiliano Martinez, dan Emiliano Buendia.

Romero, Giovani, Buendia dan Martinez bermain untuk Tottenham dan Aston Villa. Namun, Buendia adalah satu-satunya pemain yang tidak termasuk dalam skuad matchday yang dipilih untuk menghadapi Brasil dalam kualifikasi Piala Dunia di Sao Paulo, Minggu.

Pertandingan kualifikasi itu sendiri dihentikan sesaat setelah kick off. Empat pemain Liga Inggrs itu dikabarkan melanggar aturan Covid-19 saat memasuki Brasil.

Badan Pengawasan Kesehatan Brasil (ANVISA) mengatakan: “Setelah pertemuan dengan otoritas kesehatan, dikonfirmasi, setelah berkonsultasi dengan paspor empat pemain yang terlibat, bahwa para atlet gagal mematuhi aturan untuk masuknya pelancong di tanah Brasil.

“ANVISA menganggap situasi ini sebagai risiko kesehatan yang serius, dan oleh karena itu menyarankan otoritas kesehatan setempat untuk segera menentukan karantina pemain, yang dilarang berpartisipasi dalam aktivitas apa pun dan harus dicegah untuk tetap berada di wilayah Brasil.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyelidikan

Juru bicara dari polisi federal Brasil, Senin kemarin (6/9/2021) mengungkapkan bahwa penyelidikan telah dibuka terhadap empat pemain:

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa penyelidikan telah dimulai terhadap kemungkinan kejahatan memberikan informasi palsu," katanya.

“Kemarin, para pemain diberitahu bahwa mereka harus meninggalkan negara itu, yang merupakan prosedur reguler.”

3 dari 5 halaman

Liga Inggris

The Athletic telah menyarankan bahwa empat pemain harus tersedia untuk kembali beraksi pada akhir pekan menghadapi pertandingan di Liga Inggris 17-19 September.

Laporan lain menyatakan bahwa Argentina telah melepaskan keempat pemain Liga Inggris itu dari tim nasional mereka.

4 dari 5 halaman

Bebas Tugas

“Emiliano Martinez dan Emiliano Buendia dari Aston Villa meninggalkan skuad pada Senin pagi dan sekarang duo Tottenham Giovani Lo Celso dan Cristian Romero juga telah dibebaskan dari tugas internasional mereka.

“Ini berarti kuartet tidak akan bermain di kualifikasi Argentina melawan Bolivia pada hari Jumat dan sebaliknya akan kembali ke klub Liga Premier mereka.

"Pasangan Spurs harus tersedia untuk pertandingan melawan Chelsea pada 19 September dan hal yang sama berlaku untuk duo Villa terkait pertandingan mereka melawan Everton pada 18 September."

5 dari 5 halaman

Kekacauan

Seperti diketahui, kekacauan terjadi pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Brasil vs Argentina di Neo Quimica Arena, Minggu (5/9/2021) atau Senin dini hari WIB.

Pertandingan yang baru berusia beberapa menit dihentikan setelah petugas kesehatan nasional dan polisi federal masuk untuk menahan empat pemain Argentina. Pemerintah Brasil mengumumkan akan mendeportasi mereka yang dituduh berbohong untuk masuk negara beberapa jam sebelum laga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.