Sukses

Cristiano Ronaldo Masuk Buku Guinness World Records, Berikut 15 Pencapaian Terbesarnya

Meski telah berusia 36 tahun, Cristiano Ronaldo sepertinya belum akan berhenti menciptakan rekor-rekor baru untuk masuk buku Guinness World Records.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Cristiano Ronaldo, masuk buku Guinness World Records hampir seperti berjalan-jalan di taman. Dia dengan mudah menuliskan namanya di buku rekor tersebut.

Ronaldo sudah mencapai begitu banyak tonggak baru baik di dalam maupun luar sepak bola. Sehingga bagi pemenang Ballond d'Or lima kali itu memecahkan rekor seperti sebuah kebiasaan, namun tidak pernah membosankan.

Tengah pekan lalu, Ronaldo baru saja mencatat rekor baru. Dia menjadi pencetak gol terbanyak di level internasional saat membantu Portugal mengalahkan Irlandia 2-1 pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski telah berusia 36 tahun, bintang Manchester United atau MU terebut sepertinya belum akan berhenti menciptakan rekor-rekor baru. Berikut 15 rekor terbesar Ronaldo di buku Guinness World Records seperti dikutip dari Ace Football.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Top skor Internasional sepanjang masa

Selama 17 tahun Ali Daei tercatat sebagai top skor atau pencetak gol terbanyak sepanjang masa di level dunia. Namun, Kamis (2/9/2021) lalu, Cristiano Ronaldo melampaui jumlah 109 gol legenda Iran itu.

Ronaldo melakukannya saat timnas Portugal melawan Irlandia di kualifikasi Piala Dunia 2022. Dua gol telatnya lewat sundulan memastikan juara Piala Eropa 2016 menang dramatis 2-1.

Tidak hanya menyegel tiga poin untuk Portugal, tetapi juga membuat jumlah gol internasional Ronaldo kini menjadi 111 dalam 180 penampilan.

2. Gol Liga Champions Terbanyak

Mencetak 134 gol dalam 175 pertandingan Liga Champions adalah rekor terbaik pemain mana pun dalam sejarah kompetisi.

Ronaldo telah mencetak 15 gol Liga Champions untuk Manchester United, 105 buat Real Madrid, serta 14 bersama Juventus. Dia juga menyamai rekor delapan hat-trick Lionel Messi.

3. Gol terbanyak dalam satu musim kompetisi klub Eropa UEFA (17)

Ronaldo dan Radamel Falcao berbagi rekor gol terbanyak dalam satu musim di kompetisi klub Eropa UEFA.

Falcao mencetak 17 gol dalam 14 pertandingan Liga Europa pada 2010/2011 untuk membantu Porto memenangkan turnamen. Sementara itu, Ronaldo mencetak 17 gol untuk membawa Real Madrid juara Liga Champions pada 2013/2014.

 

3 dari 6 halaman

4. Cetak gol berturut-turut di Liga Champions

Rekor Ronaldo selanjutnya adalah mencetak gol berturut di Liga Champons yang masuk buku Guinness World Records. Dia mencetak 11 gol dalam 11 pertandingan antara musim 2016/17 dan 2017/18.

5. Pencetak gol terbanyak di semua kompetisi klub UEFA

Seperti yang telah ditunjukkan, Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak Liga Champions dengan 134 gol. Jumlah ini terbanyak dari yang sudah dicapai pemain mana pun di semua kompetisi klub Eropa UEFA.

Ini termasuk Liga Champions, Piala Winners UEFA, Liga Europa, Piala Intertoto UEFA, Piala Super UEFA, dan Piala Interkontinental.

6. Pemain tertua yang mencetak hattrick di Piala Dunia (33 tahun dan 130 hari)

Mencetak tiga gol saat Portugal melawan Spanyol di pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 adalah pencapaian spesial Cristiano Ronaldo. Dia berada di bawah tekanan saat tampil pada turnamen yang digelar di Rusia itu.

Banyak yang tidak mengunggulkan Portugal saat melawan Spanyol. Tetapi, La Roja memiliki Ronaldo di laga itu.

Dia memberikan salah satu penampilan terbaiknya untuk mencuri perhatian lewat hattrick dalam laga yang berakhir imbang 1-1. Torehan itu membuatnya menjadi pemain Portugal pertama dalam sejarah yang mencetak gol di empat Piala Dunia berturut-turut.

Pada usia 33 tahun dan 130 hari, Ronaldo juga menjadi pencetak hattrick tertua di Piala Dunia dalam buku Guinness World Records.

 

4 dari 6 halaman

7. Mencetak gol di 4 edisi Piala Dunia

Dalam pertandingan yang sama melawan Spanyol, Ronaldo juga menyamai rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Dia telah mencetak gol di empat edisi berbeda turnamen untuk Portugal, yaitu 2006, 2010, 2014, dan 2018.

Pemain lainnya adalah Uwe Seeler (Jerman Barat – 1958, 1962, 1966, dan 1970), Pele (Brasil – 1958, 1962, 1966, dan 1970), dan Miroslav Klose (Jeman - – 2002, 2006, 2010, dan 2014) berbagi rekor dengan CR7.

8. Pencetak gol terbanyak di Piala Eropa

Ronaldo memenangkan Sepatu Emas Piala Eropa 2020 dengan lima gol. Selain itu, pemenang Ballon d'Or itu juga mengungguli Michel Platini sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala Eropa. Dia saat ini memiliki 14 gol.

9. Penendang penalti tersukses di La Liga Spanyol

Ronaldo mengambil 72 penalti di La Liga Spanyol untuk Real Madrid antara 2009-2018. Pemain timnas Portugal tersebut mencetak 61 gol di antaranya yang menjadikannya sebagai penendang penalti paling sukses di Spanyol.

Ikon Real Madrid lainnya Hugo Sanchez mengikutinya di urutan kedua dengan 56 gol penalti.

 

5 dari 6 halaman

10. Pemain berperingkat tertinggi di FIFA 18

Menurut Guinness, Ronaldo adalah pemain dengan peringkat tertinggi di FIFA 18 dengan peringkat keseluruhan 99%. Saingan terdekatnya, Lionel Messi dan Pele, mendapat peringkat 98% sebagai perbandingan.

Hal ini terjadi berkat EA Sports memperkenalkan FIFA 18 Team of the Year baru, yang mencakup kartu FIFA 18 Ultimate Team baru yang meningkatkan statistik pemain.

11. Memiliki jumlah pengikut terbanyak untuk seorang atlet di Twitter

Pada 05 September 2021, Ronaldo (@Cristiano) adalah atlet paling populer di Twitter dengan 94,1 juta pengikut. Saingan terdekatnya di platform media sosial adalah LeBron James (@KingJames). Legenda NBA ini memiliki 50,1 juta pengikut, atau sekitar 44 juta lebih sedikit dari Ronaldo.

12. Punya pengikut terbanyak di Instagram untuk seorang atlet

Catatan khas lainnya untuk rekor Ronaldo adalah menjadi atlet yang paling banyak diikuti di Instagram (@Cristiano). Dia memiliki 338 juta pengikut di jejaring sosial pada 05 September 2021.

13. Orang yang paling banyak diikuti di Instagram

Selain menjadi atlet yang paling banyak diikuti di Instagram, Ronaldo adalah orang yang paling banyak diikuti di dunia. Bintang Manchester United itu punya 338 juta pengikut, mengalahkan pegulat Amerika yang kinimenjadi aktor Dwayne Johnson (267 juta pengikut) dan penyanyi Ariana Grande (264 juta pengikut).

Pada tanggal yang sama, hanya Instagram yang memiliki jumlah pengikut lebih banyak dari Ronaldo, yakni 420 juta.

 

6 dari 6 halaman

14. Halaman Wikipedia yang paling banyak dilihat untuk seorang atlet (pria)

Wikipedia adalah ensiklopedia online multibahasa yang digunakan jutaan pengguna di seluruh dunia. Ini adalah sumber informasi yang dikumpulkan oleh ribuan editor sukarelawan menggunakan sistem pengeditan berbasis wiki. Anda akan kesulitan menemukan data yang lebih baik tentang sesuatu di tempat lain.

Semua bintang olahraga paling terkenal memiliki halaman Wikipedia mereka sendiri, yang merinci latar belakang dan karier. Dan tidak mengherankan, yang paling banyak dikunjungi adalah Ronaldo.

Buku Guinness World Record menyatakan bahwa lebih dari 48 triliun pengunjung telah melihat profil Wiki Ronaldo.

15. Like terbanyak untuk seorang atlet di Facebook

Untuk popularitas, Ronaldo tidak ada bandingannya. Legenda Real Madrid itu, seperti di Instagram dan Twitter, memiliki profil paling disukai dari semua atlet di Facebook.

Pada 5 September 2021, Facebook Ronaldo memiliki 149 juta pengikut. Dia telah memegang rekor ini sejak 2016 dan mungkin akan menyimpannya selama bertahun-tahun yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.