Sukses

PON Papua Sebentar Lagi, Pemerintah Kebut Vaksinasi di 4 Klaster

Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang akan berlangsung Oktober bulan depan membuat pemerintah terus mengejar target vaksinasi di empat klaster penyelenggara. Pemerintah menargetkan pertengahan September ini vaksinasi sudah mencapai 70 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang akan berlangsung Oktober bulan depan membuat pemerintah terus mengejar target vaksinasi di empat klaster penyelenggara. Pemerintah menargetkan pertengahan September ini vaksinasi sudah mencapai 70 persen.

"Pemerintah memastikan ketersediaan vaksin empat klaster PON X dan Peparnas XVI Papua dapat memenuhi kebutuhan yang ada," ujar Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Johnny G. Plate dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (1/9/2021).

"Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan tenaga kesehatan untuk mendukung program vaksinasi. Sehingga, tidak ada alasan bagi masyarakat di sana untuk tidak vaksin," ujarnya menambahkan.

PON Papua rencananya bakal berlangsung di Papua pada 2-15 Oktober 2021. Selanjutnya, akan digelar Pekan Paralimpik Nasional XVI pada 2-15 November, juga di tempat yang sama.

Berlangsung di tengah pandemi covid-19, pemerintah menargetkan masyarakat di sekitar venue sudah divaksin. Harapannya, vaksinasi dapat mencegah munculnya klaster baru covid-19 di tengah penyelenggaraan PON XX.

Empat klaster yang ditargetkan mendapat vaksinasi adalah kota dan kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. Sejauh ini, baru Merauke yang sudah mencapai 50 persen untuk dosis pertama vaksinasi.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meminta Bantuan

Untuk mensosialisasikan vaksin, pemerintah pun meminta bantuan kepada tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama. Harapannya, mereka bisa mengajak masyarakat untuk ikut vaksin.

"Vaksin dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas, melindungi diri sendiri dan keluarga serta mengurangi gejala berat covid-19," kata Johnny.

3 dari 3 halaman

Data Target dan Cakupan Vaksinasi

Kota Jayapura

Target: 231.863 orang

Dosis pertama: 47,9 persen

Dosis kedua: 30,1 persen

Kabupaten Jayapura

Target: 87.226 orang

Dosis pertama: 44,8 persen

Dosis kedua: 30,2 persen

Mimika

Target: 172.185 orang

Dosis pertama: 44,8 persen

Dosis kedua: 30,2 persen

Merauke

Dosis pertama: 50,1 persen

Dosis kedua: 32,3 persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.