Sukses

Hadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Brasil Tanpa Pemain dari Liga Inggris

Timnas Brasil akan menghadapi tiga pertandingan pada babak lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus Corona COVID-19 yang masih melanda dunia membuat klub-klub tarik-ulur dalam melepas pemainnya timnas pada jeda internasional pekan ini. Aturan ketat terkait perjalanan ke luar negeri terutama bagi negara-negara di Eropa sangat berpotensi mengganggu perjalanan klub di liga. 

Seperti diketahui, sebagian besar negara-negara Eropa memberlakukan aturan ketat bagi warganya yang baru bepergian ke luar negeri. Utamanya bagi mereka yang melakukan perjalanan ke negara-negara yang dianggap memiliki angka kasus COVID-19 yang masih tinggi, termasuk Amerika Selatan. 

Kondisi ini membuat klub-klub termasuk yang berlaga di Liga Inggris berusaha melobi pihak-pihak terkait agar tidak perlu mengirimkan pemainnya ke timnas. Hal ini terpaksa dilakukan karena FIFA sendiri mewajibkan klub untuk melepas pemainnya bila memang dibutukan oleh negaranya. 

Di Inggris, masyarakat yang baru bepergian ke luar negeri diwajibkan untuk menjalani karantina selama 10 hari. Aturan ini pun membuat para pemain tidak bisa langsung bermain usai memperkuat negaranya di jeda internasional dan situasi ini dianggap merugikan klub yang tengah berkompetisi. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Pemain dari Liga Inggris

Seakan tidak ingin pusing dengan kerumitan yang terjadi, pelatih Brasil, Tite, memilih merombak pasukannya. Dia tidak lagi melibatkan pemain-pemain yang bermain di Liga Inggris. Nama-nama seperti Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), Thiago Silva (Chelsea), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Raphinha (Leeds), Roberto Firmino (Liverpool), Gabriel Jesús ( Manchester City), hingga Richarlison (Everton) tidak memperkuat Tim Samba pada kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Sebagai gantinya, Tite memperbanyak jatah pemain dari liga lokal Brasil. Tite juga masih memanggil pemain dari liga-liga Eropa lainnya yang tidak menerapkan aturan yang ketat seperti Inggris. Mereka selanjutnya akan tampil dalam tiga laga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. 

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Brasil

Berikut adalah jadwal pertandingan Timnas Brasil:

Jumat (3/9/2021): Timnas Chile Vs Brasil

Senin (6/9/2021): Timnas Brasil Vs Argentina

Jumat (10/9/2021): Timnas Brasil Vs Peru

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Kualifikasi Piala Dunia 2022 telah berlangsung sejak tahun 2019 lalu dan kini telah memasuki babak kedua kualifikasi, khususnya di Zona Asia
    Kualifikasi Piala Dunia 2022 telah berlangsung sejak tahun 2019 lalu dan kini telah memasuki babak kedua kualifikasi, khususnya di Zona Asia

    Kualifikasi Piala Dunia 2022

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Timnas Brasil