Sukses

MotoGP Inggris: Maaf dari Marquez Belum Mampu Hapus Kekesalan Martin

Marc Marquez gagal finis di MotoGP Inggris setelah bertabrakan dengan Jorge Martin.

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez meminta maaf kepada Jorge Martin dan timnya. Pembalap Honda Repsol itu mengaku salah telah menyebabkan Martin gagal melanjutkan lomba pada MotoGP Inggris, Minggu (29/8/2021).

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Silverstone itu, Marquez dan Martin sama-sama gagal melanjutkan lomba. Laju sepeda motor keduanya terhenti di lap pertama setelah Marquez menyenggol bagian Martin dari belakang. Akibat insiden ini, mereka terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan. 

Seperti dilansir dari Crash.net, insiden bermula saat kedua pembalap berusaha melewati tikungan 8-9. Marquez yang berusaha mendahului secara tidak terduga tampak memotong jalur menikung Martin. 

Kaget dengan kehadiran Marquez, Martin berusaha memperlambat laju sepeda motornya. Sayang upaya ini terlambat, karena sepeda motor Marquez sudah lebih dulu menyambar ban depan Martin.

Akibat kejadian ini, keduanya terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan. ""Saya ingin meminta maaf kepada Martin dan timnya karena itu sepenuhnya kesalahan saya. Saya terlalu optimis dalam menyalip itu," kata Marquez usai balapan seperti dilansir dari Crash.net, Senin (30/8/2021). 

 

  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Marquez

"Memang benar itu adalah situasi yang aneh karena Quartararo dan Martin melebar dan saya berharap Martin lebih banyak keluar. Saya siapkan tikungan dan luruskan motor karena tidak sempat ganti gigi tiga, perhitungannya kurang tepat. Itu sepenuhnya kesalahan saya. Itu lap pertama. Saya terlalu optimis dan saya minta maaf kepada Martin," beber pembalap asal Spanyol itu menambahkan. 

Marquez memang tampak sangat berambisi pada MotoGP Inggris, Minggu kemarin. Start dari baris kedua, Marquez berusaha memacu sepeda motornya secara maksimal sejak bendera dikibarkan. 

Sebelum terjatuh, Marquez juga sempat bersenggolan dengan Martin. Namun saat itu, kedua pembalap tidak sampai terjatuh. "Balapan memang kadang seperti ini dan saya melakukan kesalahan," katanya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Tanggapan Martin

Martin tentu saja kesal dengan kejadian ini. Dia pun berharap Marquez bisa belajar dari insiden itu. 

"Nah, Anda bisa melihat sendiri videonya. Sedikit kecewa tentang hari ini, karena saya merasa sangat kuat untuk naik podium. Saya benar-benar berada di dalam dan saya merasakan kontak ini dan apa pun. Ini balapan. Ke yang berikutnya," kata pembalap Pramac Ducati tersebut.  

"Pada akhirnya, dia datang untuk meminta maaf, ini benar-benar bagus dari sisinya, tetapi pada akhirnya, dia menghancurkan balapan saya, dan ini adalah masalah utama. Dia dapat menghancurkan balapannya sendiri, tetapi tidak dengan yang lainnya," Martin menambahkan.

"Dan tentu saja dia tidak mengukur dengan cara yang baik, karena dia pikir ada ruang dan pasti tidak ada. Tapi saya harap dia bisa belajar dari yang satu ini dan berkembang untuk masa depan."

 

4 dari 4 halaman

Hasil MotoGP Inggris

Fabio Quartararo dari Monster Yamaha akhirnya keluar sebagai pemenang MotoGP Inggris 2021. Sementara posisi kedua ditempati oleh Pembalap Suzuki, Alex Rins  diikuti pembalap Aprilia Gresini, Aleix Espargaro di tempat ketiga. 

 

1 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

2 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

3 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

4 Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)

5 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)

6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

7 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)

8 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

9 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

10 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)

11 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)

12 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)

13 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

14 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)

15 Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)

16 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

17 Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha (YZR-M1)

18 Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

19 Jake Dixon GBR Petronas Yamaha (YZR-M1)

Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)

Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.