Sukses

Alasan di Balik BRI yang Jadi Sponsor Kompetisi BRI LIGA 1 2021/2022

BRI Liga 1 berhasil mengantongi izin keramaian dari Kapolri setelah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Satgas Penanganan COVID-19, dan Kementerian Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - BRI LIGA 1 2021/2022 berhasil mengantongi izin keramaian dari Kapolri setelah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Satgas Penanganan COVID-19, dan Kementerian Kesehatan.

Sejumlah negara sudah menggelar kompetisi sepakbola meski digelar di tengah pandemi dan tanpa penonton. Acaranya berlangsung sukses dan meriah.

Sudah lebih dari setahun, kompetisi-kompetisi yang seharusnya digelar di Indonesia, urung dilakukan karena pandemi Covid-19. Namun tahun ini, kerinduan masyarakat untuk menikmati pertandingan sepak bola dapat terobati.

Dalam pagelaran kompetisi sepak bola itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) pun menjadi legal sponsor. Lalu apa yang melatarbelakangi BRI mendukung penuh jalannya kompetisi tersebut?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paling Pas

Direktur BRI Sunarso menjelaskan bahwa sepakbola merupakan 'tempat' yang paling pas untuk menyasar masyarakat secara luas. Hal ini tentunya sejalan dengan sejumlah pengembangan program yang dimiliki BRI, yaitu transformasi digital. 

"Tujuan transformasi BRI ingin melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan cara kerja efisien dan biaya semurah mungkin. Dan ketemulah sepak bola yang paling banyak penggemarnya dari segala tidak hanya laki-laki tapi perempuan juga banyak menyukai," kata Sunarso. 

BRI, lanjut Sunarso sasarannya adalah UMKM. Dengan digulirkan kompetisi sepak bola ini, diharapkan semakin banyak UMKM yang dapat bangkit kembali. 

"Kami punya research yang diambil dari UI. Akibat terhentinya kompetisi sepakbola satu musim, kerugiannya mencapai Rp2,7-3 triliun. Kami tidak mau kehilangan itu," jelas Sunarso.

3 dari 3 halaman

Di Balik Permainan Sepakbola

Dengan rencana digelarnya acara sepakbola BRI LIGA 1, bukan hanya menjadi hiburan saja. Tapi sekaligus menjadi penyuntik semangat kepada masyarakat yang tengah terpuruk di masa pandemi. 

Dengan digulirkannya kompetisi ini, masyarakat diharapkan punya semangat kembali untuk membangkitkan perekonomiannya. Nah, menyoal kompetisi ini, ternyata Sunarso adalah salah satu penggemar yang juga merindukan pertandingan sepak bola disiarkan secara langsung, meski hanya ditonton dari rumah saja. 

Dalam sebuah kesempatan, Sunarso bercerita bahwa ada benang merah antara sepak bola dengan posisinya sebagai pemimpin perusahaan saat ini. 

"Saya adalah penggemar sepak bola. Menurut saya sepakbola adalah miniatur dari sebuah hal yang besar. Simplifikasi dari sesuatu yang kompleks," katanya. 

Lebih lanjut, pria kelahiran Pasuruan ini menjelaskan bahwa dalam sepak bola ada organisasi, kerja sama, mekanisme pengambilan keputusan. 

"Hal ini persis seperti di organisasi besar. Jadi bagi saya, sepakbola baik untuk dijadikan modeling dalam organisasi karena semua hal memang terorganisasi untuk mencapai goal," katanya. 

Di balik kecintaannya terhadap sepak bola, Sunarso pun kembali mengutarakan terkait acara Liga 1 ini. Dia berharap agar kompetisi ini bukan sekadar menghibur, tapi juga mampu memulihkan aktivitas ekonomi di masyarakat. 

Nah, biar kalian nggak ketinggalan acara BRI LIGA 1, segera tandai kalendermu. Kompetisi BRI LIGA 1 digelar mulai 27 Agustus 2021. Acara ini bakal disiarkan secara live streaming di Vidio.com.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.