Sukses

Masuk Grup C Piala Sudirman 2021, Denmark Jadi Lawan Terberat Indonesia

Piala Sudirman 2021 rencananya berlangsung 26 September hingga 3 Oktober di Vantaa, Finlandia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mengetahui lawan pada Piala Sudirman 2021. Tim bulu tangkis Tanah Air masuk Grup C menyusul hasil undian, Rabu (25/8/2021).

Ajang bulu tangkis beregu campuran dunia tersebut rencananya berlangsung 26 September hingga 3 Oktober di Vantaa, Finlandia. Kota ini ditunjuk sebagai tuan rumah menggantikan Suzhou, Tiongkok.

Indonesia, yang menempati unggulan 3/4, menghuni grup C bersama Denmark, ROC (Komite Olimpiade Rusia), dan Kanada. Hanya juara dan runner-up setiap grup yang melaju ke babak gugur.

Denmark merupakan lawan terberat Indonesia. Mereka memiliki Viktor Axelsen (tunggal putra), Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (ganda putra), hingga Mathias Christiansen/Alexandra Boje (ganda campuran). Namun, ROC dan Kanada juga harus tetap diwaspadai.

"Untuk undian hasil Piala Sudirman ini saya rasa cukup baik. Tetapi tetap kita tidak boleh lengah dan anggap remeh karena kita satu grup dengan Denmark yang seimbang dan juga Rusia dan Kanada yang bisa mengejutkan," ucap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSi, Rionny Mainaky.

"Sekarang kami akan fokus untuk mempersiapkan diri untuk turnamen-turnamen penting ini," lanjutnya.

Piala Sudirman 2021 menjadi pertemuan ke-10 Indonesia dengan Denmark di fase grup setelah sebelumnya pada 1993, 1995, 1997, 2001, 2003, 2007, 2015, 2017, dan 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Khusus

PBSI sudah mempersiapkan program-program khusus dalam latihan demi asa mengembalikan lambang supremasi bulu tangkis dunia tersebut. Salah satunya dengan menggelar simulasi sebagai rangkaian persiapan.

"Untuk saat ini memang kami di semua sektor masih melakukan latihan recovery, pemulihan kembali paska Olimpiade lalu dari stamina, fisik dan mental. Nah, setelah ini baru akan masuk ke persiapan intensif baik itu Piala Sudirman maupun Thomas & Uber," kata Rionny.

"Saya dan pelatih juga sudah menyiapkan program-program khusus untuk para atlet, karena berkaca dari pengalaman kemarin di Tokyo, apa yang kurang-kurang harus dibenahi, termasuk nanti kami akan menggelar simulasi dalam waktu dekat sebagai rangkaian dari melihat kesiapan tim," sambung Rionny.

3 dari 4 halaman

Momen Spesial

Untuk pertama kalinya Piala Sudirman berlangsung di tahun yang sama dan waktu yang berdekatan dengan gelaran Piala Thomas dan Uber. Sejatinya, Piala Thomas dan Uber digelar pada tahun genap. Namun ajang itu ditunda karena pandemi Covid-19.

Walau saling berdekatan, PBSI tetap menargetkan hasil terbaik untuk tiga turnamen beregu tersebut.

"Semua turnamen ini akan kami prioritaskan, baik Piala Sudirman maupun Thomas dan Uber karena semuanya penting. Saya akan berusaha semaksimal mungkin dengan pelatih dan atlet. Walau waktunya berdekatan tapi ada jeda satu minggu antara Piala Sudirman dan Piala Thomas & Uber, saya rasa itu cukup untuk mengembalikan kondisi anak-anak," tutur Rionny.

"Dan saya yakin kita semua siap dan makin termotivasi. Prinsip saya, setiap turnamen targetnya harus juara. Semoga tahun ini Piala Sudirman bisa kita bawa kembali ke Indonesia," pungkasnya.

Berikut hasil undian lengkap Piala Sudirman 2021:

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Grup A: Tiongkok, Thailand, Finlandia, India

Grup B: Chinese Taipei, Korea Selatan, Tahiti, Jerman

Grup C: Indonesia, Denmark, ROC (Komite Olimpiade Rusia), Kanada

Grup D: Jepang, Malaysia, Inggris, Mesir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.