Sukses

Menko Luhut Tegaskan Protokol Kesehatan Harus Diterapkan Saat BRI Liga 1, Begini Aturannya

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang dari 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021. Hal ini disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melaporkan perkembangan PPKM Terkini yang ditayangkan di laman YouTube Sekretariat Negara, Senin (23/8/2021).

Terkait dengan aturan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan atau Menko Luhut memberikan penjelasan tentang berbagai kegiatan di masyarakat selama permberlakuan pembatasan ini. Salah satunya yang bersinggungan dengan persepakbolaan nasional, khususnya penyelenggaran kompetisi di Tanah Air.

Menurut Luhut, dalam pelaksanaan PPKM ke depan, Pemerintah akan melakukan uji coba protokol kesehatan pada pertandingan sepak bola Liga 1 (BRI Liga 1) yang akan dimulai pada 27-29 Agustus 2021. "Pertandingan akan dilakukan di provinsi DKI Jakarta tanpa penonton dengan maksimal 3 pertandingan," katanya.

Sama halnya dengan pusat perbelanjaan, mall dan industri, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan dan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi juga akandigunakan.

Terkait dengan pelaksanaan pembukaan BRI Liga 1 ini, Luhut meminta agar para supporter untuk tidak datang ke stadiun atau melakukan aktivitas nonton bareng. Dia mengajak masyarakat agar menonton di rumah saja demi keselamatan masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dapat Izin

Sebelumnya, Polri pada Senin (23/8/2021) resmi mengeluarkan izin pelaksanaan BRI Liga 1 2021/2022. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan langsung telah menerbitkan izin pelaksanaan BRI Liga 1 dan juga Liga 2 musim 2021/2022. Izin dikeluarkan setelah melakukan penilaian dan evaluasi soal pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Setelah melakukan evaluasi PPKM maka kami sepakat untuk memberikan persetujuan terkait dengan perizinan untuk dilaksanakan penyelanggaraan Liga 1 maupun Liga 2. Namun tentunya tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," kata Listyo dalam jumpa pers di Mabes Polri.

3 dari 3 halaman

Sesuai Rencana

zin pelaksanaan BRI Liga 1 langsung diserahkan Kapolri kepada Menpora Zainudin Amali yang datang berkunjung ke Mabes Polri pada Senin sore.

Dengan keluarnya izin pelaksanaan maka BRI Liga 1 2021/2022 bisa dilangsungkan sesuai rencana yakni pada 27 Agustus 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.