Sukses

Memphis Depay Ungkap Masa Sulit yang Pernah Dialaminya Saat di MU

Memphis Depay mengaku sempat mengalami masa-masa sulit ketuika berada di MU sebelum akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Lyon

Liputan6.com, Jakarta Penyerang asal Belanda Memphis Depay resmi menjadi bagian dari Barcelona usai meninggalkan Olympique Lyon dengan status bebas transfer pada musim panas ini.

Pemain berusia 27 tahun tersebut ingin membuktikan dirinya di level tertinggi, meski sempat mengalami masa-masa tak terlupakan di Manchester United (MU) pada 2015 hingga 2017. Melansir Goal.com, Depay dibawa ke Old Trafford oleh Louis van Gaal melalui kesepakatan senilai 25 juta poundsterling.

Akan tetapi, ia kesulitan menunjukkan potensi penuh di Inggris hingga akhirnya hengkang menuju Lyon usai dibekukan oleh Jose Mourinho. Situasi yang dialaminya bahkan sempat membuat rekan-rekan setimnya, termasuk Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic, kebingungan.

Mengungkap tabir soal masa lalunya di Manchester United, Depay mengaku sulit beradaptasi pada musim pertamanya. Hal itu membuat dirinya tak bisa tampil dengan baik, seperti ketika berada di PSV.

“Musim pertama, saya harus beradaptasi dan itu tidak berjalan dengan baik bila dibandingkan waktu saat saya berada di PSV. Saya kehilangan sedikit kepercayaan dari Van Gaal dan stafnya. Itu sulit bagi saya,” ujar Depay kepada El Periodico, dilansir Goal.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Diberi Kesempatan

Ketika Depay merasa sudah mulai memiliki lebih banyak pengalaman di Old Trafford, MU justru mengganti pelatihnya. Depay mengeklaim dirinya telah berjuang untuk menjadi bagian dari tim utama. Akan tetapi, sang pelatih baru nampaknya belum memberi kesempatan.

“Jose Mourinho datang dan saya berjuang untuk masuk ke tim utama, tetapi saya rasa, ide untuk memberi saya kesempatan tak pernah terlintas di benaknya (Mourinho). Dia tak pernah memberi saya kesempatan,” tutur sang pemain Barca.

3 dari 4 halaman

Respons Pogba dan Ibrahimovic

Depay mengaku sempat mengunjungi kantor Mourinho, tetapi tak kunjung merasakan perubahan. Rekan-rekan setimnya bahkan tak dapat memahami hal yang terjadi pada Depay.

“Pogba dan Zlatan (Ibrahimovic) berkata pada saya, ‘Mengapa kamu tidak pernah bermain?’ Menurut saya, itu adalah konfirmasi bahwa saya tidak memiliki kesempatan. Saya menyadari saya tidak ingin berada di klub besar tanpa bermain,” sambungnya.

Depay juga sadar dirinya harus memulai dari awal dan membuktikan bahwa ia mampu menjadi salah satu pemain terbaik.

“Saya memiliki kontrak yang panjang, yakni lima tahun, dan gaji yang bagus. Akan tetapi, saya tidak merasa nyaman. Oleh karena itu, saya meninggalkan (MU), dan itu adalah keputusan terbaik yang bisa saya buat,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Kembali ke Performa Terbaik

Pindah ke Lyon pada Januari 2017, Depay dengan cepat kembali ke performa terbaiknya. Melansir Goal.com, ia bahkan tercatat sukses membukukan 76 gol dari 178 penampilan untuk klub raksasa Ligue 1 tersebut.

Penampilan Depay rupanya menarik perhatian dari klub lain, termasuk Barca, usai Ronald Koeman menduduki kursi pelatih. Walau harus melalui masa penantian, Barcelona sukses mendapatkan pemain incarannya tersebut pada musim panas ini. Usai kepergian Lionel Messi dari Camp Nou, Memphis Depay kini mengemban harapan baru di pundaknya.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Memphis Depay

  • Lyon