Sukses

ONIC Esports Ikut Manfaatkan Teknologi NFT

ONIC Esports akan menjual merchandise lewat NFT. Kejutan sedang disiapkan.

Liputan6.com, Jakarta- Popularitas tim-tim esports semakin melonjak dalam dua tahun terakhir. Penjualan merchandise dan pernak-pernik tim esports juga laris manis seiring banyaknya penggemar esports. ONIC Esports pun terus membuat terobosan untuk memanjakan penggemarnya.

Yang terbaru ONIC Esports ikut memanfaatkan teknologi terkini NFT atau Non-Fungible Token. NFT merupakan aset kripto di jaringan blockchain yang memiliki kode identifikasi serta metadata yang unik dan berbeda satu sama lain atau semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

ONIC Esports berkolaborasi dengan Tokocrypto untuk bergabung di TokoMall, sebuah platform NFT marketplace. Nantinya ONIC Esports akan melepas koleksi eksklusif di TokoMall.

“Potensi kerjasama ONIC dan TokoMall sangat besar untuk membangun hype dan pengembangan pasar NFT di Indonesia. ONIC sendiri akan menghadirkan koleksi eksklusif yang ada nilai historis juga digital merchandise khusus di TokoMall," ujar Justin Widjaja, COO ONIC Esports.

"Kita mungkin belum bisa bocorin sekarang. Cuma yang pasti kita akan menghadirkan art merchandise, koleksi-koleksi bersejarah yang cuma ada 1 atau 2. Ke depannya kita akan manfaatkan fitur-fitur NFT. Tunggu saja pengumuman di TokoMall," lanjut Justin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersama Brand Lain

ONIC Esports bergabung dengan brand dan kreator lokal Indonesia sebagai merchant partner eksklusif seperti Nevertoolavish, MaximallFootwear, DAMN! I Love Indonesia, Banyan Core, Si Juki, SoreSore, Mr. Kinur, Karya Karsa, Jakarta Metaverse, dan Museum of Toys.

TokoMall sendiri baru diluncurkan Tokocrypto pada Kamis (19/8/2021). Chung Ying Lai, Chief Strategy Officer Tokocrypto menjelaskan bahwa TokoMall menghadirkan konsep digital meets reality, dimana pemanfaatan platform digital dan karya seni dalam bentuk NFT dapat menjadi jawaban atas permasalahan di dunia nyata.

“Dengan beralih ke NFT dan menjadikannya mainstream, kreator lokal berbakat Indonesia tidak hanya bisa memasarkan karyanya ke pasar yang lebih luas. Tetapi juga memastikan keunikan atau kelangkaan karyanya sebagai nilai lebih yang ditawarkan kepada para kolektor. Selain itu, kreator bisa memastikan keberlangsungan royalti dari tiap NFT yang dipasarkan. Hal ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan hak cipta dan royalti yang biasa dihadapi kreator jika melakukan pemasaran di dunia nyata," kata Chung Ying Lai.

3 dari 3 halaman

Keaslian

Di sisi kolektor, NFT yang dipasarkan di TokoMall bisa menjadi investasi jangka panjang bagi para kolektor yang dijamin keasliannya dan ada pilihan bagi kolektor untuk menukarkan NFT yang dikoleksi dengan barang atau karya asli dari merchant partner eksklusif TokoMall.

Sebagai leading NFT marketplace di Indonesia, kehadiran TokoMall diharapkan dapat mendorong perkembangan pasar NFT di Indonesia dan mengajak kreator lokal untuk bergabung guna memperkenalkan serta melakukan monetisasi atas karyanya kepada pasar lebih luas, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di pasar global dan mancanegara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.