Sukses

Pantang Hemat, Liga Inggris Jadi Kompetisi Terboros di Dunia!

Dampak ekonomi pandemi Covid-19 tidak mebuat klub Liga Inggris mengencangan ikat pinggang.

Liputan6.com, Jakarta - Dampak ekonomi pandemi Covid-19 tidak mebuat klub Liga Inggris mengencangan ikat pinggang. Aktivitas mereka di bursa transfer justu membuat Liga Inggris menjadi kompetisi domestik paling boros di dunia.

Klub-klub papan atas di liga-liga top Eropa dan dunia masih beraktivitas di bursa transfer musim panas ini. Mereka belanja pemain impiannya untuk mendokrak performa klub di musim 2021/22.

Manchester United (MU), Chelsea, dan Manchester City telah menghabiskan banyak uang di musim panas. MU memboyong Jadon Sancho dan Raphael Varane. Chelsea membawa pulang Romelu Lukaku. Sementara Man City merekrutJack Grealish.

Menurut Transfermarkt, dibandingkan dengan tiga tim di atas, Liverpool menjadi klub yang paling sedikit menggelontorkan uang untuk membeli pemain selama sepuluh tahun terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Miliki Batasan

Melihat aktivitas transfer di liganya, pelatih Liverpool Jurgen Klopp komentari keputusan transfer MU, Chelsea, dan Man City.

“Apa yang terjadi, saya tidak tahu bagaimana mereka melakukannya. Kami memiliki cara kami sendiri untuk beraktivitas di pasar transfer," katanya.

“Kami tidak dapat dibandingkan dengan klub lain. Mereka jelas tidak memiliki batasan. Kami memiliki batasan," sambung Klopp dilansir Express.

3 dari 4 halaman

Sah-sah Saja

Manajer Bayern Munchen Julian Nagelsmann justru menilai banyaknya uang digelontorkan di Liga Inggris sah-sah saja. Namun, kondisi tersebut sangat berbeda dengan Bundesliga.

"Tidak mudah menghabiskan banyak uang. Kami tidak berada di Premier League," katanya.

"Kami akan melihat situasi. Jika memungkinkan, maka bisa saja kami akan mendapatkan pemain baru. Namun apabila tidak, kami akan bekerja dengan para pemain yang kami miliki di skuad kami," ujar Nagelsmann, dilansir dari Daily Star.

4 dari 4 halaman

Daftar Pengeluaran Liga Top Dunia musim 2021/22

Premier League - 20,2 Triliun

TriliunSerie A - 7,5 Triliun

Bundesliga - 5,7 Triliun

Ligue 1 - 5 Triliun

La Liga - 2,5 Triliun

Premier Liga - 1,5 Triliun

Jupiler Pro Liga - 1,2 Triliun

Liga Portugal Bwin - 1,2 Triliun

Saudi Pro League - 845 Miliar

Serie B - 841 Miliar

 

Penulis: Ali Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.