Sukses

Valentino Rossi Pensiun, MotoGP Bakal Seperti F1 ?

Rossi baru saja memutuskan akan pensiun dari MotoGP akhir musim nanti.

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap veteran Valentino Rossi pekan lalu telah mengumumkan akan pensiun dari MotoGP setelah musim 2021 berakhir. Pria Italia itu takkan ikut balapan lagi musim depan. 

Pensiunnya Rossi membuat para pencinta balap motor kehilangan dan terpukul. Tak bisa dipungkiri Rossi merupakan pembalap tersukses dalam sejarah MotoGP. Dia sudah 25 tahun ikut balapan motor. 

Rossi menyudahi karier balapnya di umurnya yang kini menginjak 42 tahun. Usia yang memang tidak muda lagi untuk bisa bersaing ketat di dunia balap yang penuh kompetisi. Performa Rossi memang sudah menurun drastis dalam dua musim terakhir. 

Nama Rossi sangat melegenda di dunia balap motor. Prestasinya yang pernah menjadi juara dunia 7 kali di ajang MotoGP sungguh mengagumkan dunia. Namanya sangat popular. Ketenarannya tidak kalah dengan legenda-legenda dalam dunia sepak bola.  

Bahkan di Italia, tempat kelahirannya, Rossi lebih terkenal dibanding bintang-bintang sepak bola. Tak hanya sepak terjangnya di dunia balap, kehidupan pribadinya juga banyak disorot media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesona Rossi

The Doctor, julukan Rossi, bukan sekadar pembalap biasa. Kepiawaiannya dalam dunia balap tak diragukan. Gayanya yang fungky dan ugal-ugalan membuatnya terkenal. Dia juga banyak menginspirasi banyak pembalap dunia. Kiprahnya selama ini telah ikut mempopulerkan dunia MotoGP sehingga dikenal di semua kalangan masyarakat seluruh dunia. Karena itu, kepergian VR46 dari arena balapan merupakan kehilangan besar bagi MotoGP.  

Pesona Rossi memang luar biasa. Bahkan, di saat Rossi performanya sudah menurun pada beberapa tahun terakhir, kehadirannya masih mampu memberikan magnet tersendiri bagi penggemar MotoGP. Iya, Rossi memang tidak lagi setangguh dahulu. Umur telah menggerogoti kelincahan Rossi. 

Meski begitu, aksi Rossi selalu ditunggu. Apalagi, pembalap Repsol Honda Marc Marquez sudah mulai beraksi lagi pasca kecelakaan. Rivalitas Rossi dan Marquez banyak menyita perhatian baik di trek maupun di luar trek balapan. 

3 dari 3 halaman

Penerus

Keputusan Rossi pensiun pada akhir musim MotoGP 2021 dinilai terlalu cepat. Banyak yang terkejut dengan keputusan Rossi. Salah satunya Marquez yang menduga Rossi akan terus ikut balapan sampai satu tahun ke depan.

Meski jadi rivalnya, Marquez menyebut Rossi seorang legenda karena jasanya yang besar pada MotoGP. Selain Marquez, sejumlah rival semasa karirnya termasuk Max Biaggi, Jorge Lorenzo dan Casey Stoner memberi penghormatan lewat media sosial kepada Rossi pasca pengumuman mundur tersebut. 

Pensiunnya Rossi dikhawatirkan akan membuat pamor MotoGP menurun seperti yang terjadi di Formula One atau F1 pasca pensiunnya Michael Schumacher.

Untungnya masih banyak pembalap muda yang digadang bisa jadi penerus Rossi. Mulai dari Marc Marquez, Fabio Quartararo, Joan Mir, Maverick Vinales hingga Alex Rins. Marquez yang paling digadang bisa meneruskan jejak Rossi berkat sikap dan prestasinya di dunia balap MotoGP. 

Mundurnya Rossi jadi sorotan di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Kabar pensiunnya Rossi jadi trending topic di berbagai media sosial termasuk RCTI+. Banyak yang merindukan Rossi. Apalagi Rossi tak tak jadi membalap di MotoGP Mandalika. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.