Sukses

Jokowi Akan Umumkan Nominal Bonus Olimpiade Tokyo 2020

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan besaran bonus untuk atlet peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 saat menerima para pahlawan negara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan mengumumkan besaran bonus untuk atlet peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 saat menerima pahlawan negara.

"Bonus akan diumumkan Presiden Jokowi resmi saat menerima atlet dan kontingen Olimpiade Tokyo di Istana. Nominalnya akan diumumkan di sana," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada konferensi pers virtual.

Pemerintah sebelumnya berjanji akan memberikan bonus kepada peraih medali Olimpiade Tokyo. Namun, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah terkait nominal dan waktu penyerahannya.

Indonesia meraih lima medali di Olimpiade Tokyo dengan rincian satu emas, satu perak dan tiga perunggu. Pemberitaan terkait bonus menyeruak saat atlet berhasil mencapai prestasi di Olimpiade 2020.

Windy Cantika Aisyah menjadi penyumbang medali pertama dengan torehan perunggu di cabang olahraga angkat besi nomor 49kg putri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Emas dari Bulu Tangkis

Kemudian, giliran Eko Yuli Irawan meraih perak di nomor 61kg putra disusul perunggu Rahmat Erwin Abdullah di kelas 73kg putra.

Setelah itu, dua medali lainnya berasal dari cabang olahraga bulu tangkis. Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyabet medali emas, sedangkan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting meraih medali perunggu.

3 dari 3 halaman

Bonus Rio 2016

Tak hanya pemerintah, pihak lain juga turut berpartisipasi memberikan apresiasi kepada para peraih medali. Hadiah bervariasi mulai dari uang tunai, rumah, tanah, tempat usaha, hingga sapi.

Pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016, peraih medali emas diguyur bonus Rp5 miliar dari pemerintah pusat. Peraih perak memperoleh Rp2 miliar dan perunggu Rp1 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.