Sukses

Gokil, Ada Ibu dan Anak Raih Emas Olimpiade di Olahraga yang Sama

Keluarga McGee menjadi pasangan ibu dan anak pertama yang meraih emas Olimpiade di cabang olahraga yang sama.

Liputan6.com, Jakarta- Sejarah baru tercipta di Olimpiade Tokyo 2020 setelah Amerika Serikat meraih medali emas cabang olahraga bola basket putra. JaVale McGee menjadi atlet pertama yang meraih emas mengikuti jejak ibunya di cabang olahraga yang sama.

JaVale merupakan anggota tim basket Amerika Serikat di Olimpiade 2020. JaVale menyusul jejak ibunya, Pamela yang pernah meraih emas di Olimpiade 1984.

Pamela membantu Amerika Serikat meraih emas pertama di cabang olahraga basket putri pada tahun 1984. Dalam sejarah Olimpiade, belum pernah ada ibu dan anak yang mendapat emas di cabang olahraga (cabor) yang sama.

JaVale dan Pamela juga menjadi pasangan anak dan ibu pertama dalam sejarah olahraga Amerika Serikat yang sukses meraih medali emas Olimpiade.

Secara keseluruhan sebenarnya pernah ada pasangan ibu dan anak yang sama-sama sukses meraih emas Olimpiade. Namun keduanya memenangkan emas di cabang olahraga yang berbeda.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangga

Valentina Rastvorova mempersembahkan emas untuk Uni Soviet pada cabang anggar di Olimpiade 1960. Kemudian putranya Yevgeny Grishin menyabet emas di cabang polo air pada 1980.

“Perasaan yang luar biasa, kawan. Saya mendapat medali emas. Ibuku memiliki medali emas. Kami yang pertama melakukannya, duo ibu-anak," kata JaVale.

3 dari 3 halaman

Nyaris Tak Ikut

JaVale nyaris tak ikut Olimpiade 2020. Dia merupakan pemain pengganti bersama Keldon Johnson setelah Kevin Love dan Bradley Beal tak bisa ikut ke Tokyo. Love cedera, Beal terkena Covid-19.

Selama Olimpiade Tokyo 2020, JaVale menjadi pemain cadangan ketiga di posisi center setelah Bam Adebayo dan Draymond Green.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.