Sukses

Gusur Indonesia, Filipina Resmi Jadi Wakil Asia Tenggara Terbaik di Olimpiade Tokyo 2020

Indonesia resmi tergusur dari posisi teratas antarnegara Asia Tenggara pada klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia resmi tergusur dari posisi teratas antarnegara Asia Tenggara pada klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020. Sempat lama ungggul, Kontingen Garuda harus menyerahkan takhta kepada Filipina.

Tim Merah Putih menguasai puncak dengan raihan satu emas, satu perak, dua perunggu menyusul partisipasi atlet terakhir pada Senin (2/8/2021).

Posisi teratas itu kini jadi milik Filipina yang menambah perunggu dari cabang olahraga tinju. Carlos Paalam harus mengakui keunggulan wakil Inggris Raya Galal Yafai pada final kelas terbang putra, Sabtu (7/8/2021). 

Namun, sumbangan medalinya cukup bagi Filipina untuk menyalip Indonesia di tabel Olimpiade Tokyo 2020.

Meski jumlah medali lebih sedikit ketimbang Indonesia, Filipina tetap unggul karena mendulang satu emas, dua perak, dan satu perunggu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kejutan Filipina

Filipina, tercatat sebagai negara Asia Tenggara yang merebut medali Olimpiade di Amsterdam 1928, tampil mengejutkan setelah hanya mendapat satu perak di Rio 2016.

Mereka mengantongi emas pertama sepanjang sejarah melalui atlet angkat besi Hidilyn Diaz. Setelahnya Filipina mendapat dua medali dari cabang olahraga tinju, yakni perak atas nama Nesthy Petecio (kelas bulu putri) dan perunggu lewat Eumir Marcial (kelas menengah putra).

Sangat disayangkan Indonesia gagal menjadi juara umum Asia Tenggara, setelah sempat mengemban status tersebut empat kali pada Seoul 1988, Barcelona 1992, Atlanta 1996, dan Sydney 2000.

3 dari 4 halaman

Keterpurukan Negara Lain

Sebelumnya negara Asia Tenggara lain gagal mendulang prestasi. Vietnam dan Singapura urung merebut emas setelah masing-masing sukses mengakhiri paceklik di Rio 2016.

Thailand, yang menjadi negara Asia Tenggara terbaik pada Athena 2004 hingga Rio 2016, mengalami penurunan performa di Tokyo 2020. Negeri Gajah Putih cuma mengantongi satu emas dan satu perunggu.

Malaysia juga masih mendambakan emas Olimpiade dan hanya mendapat satu perunggu di Tokyo 2020. Sementara Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei, dan Timor Leste urung mendapat medali.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini