Sukses

Olimpiade Tokyo 2020 : Mengenal Andrea Drews, Tukang Gebuk dari Tim Voli Amerika Serikat

Andrea Drews tinggal selangkah lagi membantu Amerika Serikat meraih medali emas cabang bola voli putri Olimpiade Tokyo 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Andrea Drews menjadi bintang kemenangan Amerika Serikat atas Serbia pada semifinal bola voli putri Olimpiade Tokyo 2020. Dia menyumbang 17 poin dalam laga tersebut.

Amerika Serikat melaju ke final Olimpiade Tokyo setelah mengalahkan Serbia di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Jumat (6/8/2021). Tim asuhan Karch Kiraly menang 3-0 (25-19, 25-15, 25-23) di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Jumat (6/8/2021).

Andrea Drews tinggal selangkah lagi membawa Amerika Serikat merebut medali emas Olimpiade. Dia dan koleganya masih menunggu pemenang pertandingan Brasil kontra Korea Selatan yang baru bakal dimainkan malam ini.

Laga final voli Olimpiade akan dimainkan Minggu, 8 Agustus pukul 11:30 WIB. Namun, sebelum menyaksikan partai puncak tersebut, Liputan6.com mencoba mengupas tentang profil Andrea Drews.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memulai karier

Andrea mulai bermain bola voli pada 2008 silam dengan Network Juniors. Dia mengakhiri karier klub remajanya dengan Akademi Bola Voli Indiana Utara.

Wanita kelahiran 25 Desember 1993 itu dua kali menjuarai kejuaraan voli negara bagian di Penn High Scholl, Mishiwaka, Indiana. Dia juga terpilih sebagai AVCA High School American untuk senior.

Pemain bertinggi 191 cm dan berat 79 kg ini kemudian bergabung dengan tim voli Universitas Purdue, di mana ikut serta dalam Divisi 1 NCAA dari 2012 hingga 2015. "Monster dari Sepuluh Besar," pelatih Purdue Dave Shondell memanggil Drews.

Setelah lulus dari Universitas Purdue dalam bidang manajemen perhotelan dan pariwisita pada 2015, dia memulai karier profesionalnya di Liga de Voleibol Superior Femenino satu tahun kemudian. Drews membawa Indias de Mayaguez finis sebagai runner up dan menjadi bagian dari tim all star pada akhir kompetisi.

Di musim berikutnya, Drews bermain untuk Criollas de Caguaso. Pada 2017-18, dia bermain di Seri A1 Italia buat Legnano SAB yang baru dipromosikan. Pada Januari 2018, Drews menandatangani kontrak dengan tim Italia lainnya Casalmaggiore.

Selama musim pro 2018-19, Drewa menandatangani kontrak dengan Kameroglu Beylikduzu Voleybol Ihtisas dan bermain di Liga Bola Voli Turki. Dia kemudian bermain untuk tim Jepang di Japan V.League Division 1 JT Marvelous untuk musim 2019 hingga 2021.

3 dari 4 halaman

Tim nasional

Performanya yang gemilang di klub membawa Drews masuk Timnas Amerika Serikat pada 2017. Dia dipilih sendiri oleh Karch Kiraly, salah satu pelatih terbaik dalam bola voli profesional.

Meski dimainkan sebagai pemain pengganti, Drews membantu Amerikat Serikat meraih medali emas dalam ajang Pan-American Volleyball Cup pada Juni 2017. Dia juga masuk tim Amerika Serika untuk FIVB Volleyball Women's World Grand Champions Cup dan meraih medali perunggu.

Kerja kerasnya juga membawa Drews kembali masuk skuat Amerika Serikat untuk putaran final FIVB Volleyball World Grand Prix Meski negaranya hanya menempati posisi kelima, Drews tercatat sebagai pencetak poin terbanyak untuk Amerika Serikat.

Pada 2018, Drews kembali memperkuat Amerika Serikat pada ajang FIVB Volleyball Women's Nations League. Mereka akhirnya memenangkan medali emas usai mengalahkan Turki 3-2 (17-25, 25-22, 26-28, 25-15, 15-7).

Drews kemudian membawa Amerika Serikat meraih medali emas dan terpilih sebagai Pemain Terbaik (MVP) FIVB Women's Volleyball Nations League 2019 di Nanjing, China. Dia juga terpilih sebagai Best Opposite of the FIVB Volleyball Women's World Cup 2019 saat negara meraih medali perak.

"Saya sangat bersyukur bisa mewakili USA Volleyball dan untuk semua kesempatan yang saya dapatkan di tahun 2019 bersama tim kami," kata Drews seperti dikutip dari Celebsagewiki.

"Kami memiliki begitu banyak pemain berbakat dan wanita berpengaruh dalam program kami dan saya merasa terhormat untuk terus belajar dan tumbuh bersama beberapa yang terbaik."

"Terima kasih kepada tim dan staf kami atas semua pekerjaan yang dilakukan untuk membuat 2019 menjadi tahun yang sukses bagi bola voli AS," pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Emas Olimpiade

Pada FIVB Women's Volleyball Nations League 2021 di Rimini, Italia, Drews kembali membawa Amerika Serikat menjadi juara setelah mengalahkan Brasil di final nal dengan skor 3-1 (26-28, 25-23, 25-23, 25-21).

Sekarang, atlet yang punya hobi memasak, membaca, dan mengemudikan Jeep berpeluang untuk membawa Amerika Serikat meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.