Sukses

Indonesia Hampir Pasti Gagal Jadi Juara Umum Asia Tenggara di Olimpiade Tokyo 2020

Indonesia segera tergusur dari posisi teratas antarnegara Asia Tenggara pada klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia segera tergusur dari posisi teratas antarnegara Asia Tenggara pada klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020. Setelah lama memimpin, Kontingen Garuda harus menyerahkan takhta kepada Filipina.

Tim Merah Putih menguasai puncak dengan raihan satu emas, satu perak, dan dua perunggu menyusul partisipasi atlet terakhir pada Senin (2/8/2021).

Setelah itu Indonesia hanya bisa kinerja negara tetangga. Vietnam dan Singapura gagal merebut emas setelah masing-masing mengakhiri paceklik menempati peringkat teratas pada Rio 2016.

Thailand, yang menjadi negara Asia Tenggara terbaik pada Athena 2004 hingga Rio 2016, mengalami penurunan performa. Negeri Gajah Putih cuma mengantongi satu emas dan satu perunggu di Olimpiade Tokyo.

Malaysia juga masih mendambakan emas Olimpiade dan hanya mendapat satu perunggu di Tokyo 2020. Sementara Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei, dan Timor Leste urung mendapat medali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dobrakan Filipina

Filipina, tercatat sebagai negara Asia Tenggara yang merebut medali Olimpiade di Amsterdam 1928, tampil mengejutkan setelah hanya mendapat satu perak di Rio 2016.

Mereka mengantongi emas pertama sepanjang sejarah melalui atlet angkat besi Hidilyn Diaz. Setelahnya Filipina mendapat dua medali dari cabang olahraga tinju, yakni perak atas nama Nesthy Petecio (kelas bulu putri) dan perunggu lewat Eumir Marcial (kelas menengah putra).

3 dari 4 halaman

Tambah Emas atau Perak

Filipina masih berpotensi menambah medali karena Carlos Paalam bakal menghadapi Galal Yafai pada final kelas terbang putra, Sabtu (7/8/2021). Terlepas kinerja Paalam, sumbangan medalinya bakal membawa negaranya menyalip Indonesia pada klasemen medali antarnegara Asia Tenggara di Olimpiade Tokyo 2020.

Sangat disayangkan Indonesia gagal menjadi juara umum Asia Tenggara, setelah sempat mengemban status tersebut empat kali pada Seoul 1988, Barcelona 1992, Atlanta 1996, dan Sydney 2000.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.