Sukses

Tunggu Pengumuman Resmi, BRI Jadi Sponsor Utama Liga 1

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 belum berani menjelaskan soal Bank BRI bakal menjadi titel pendamping kompetisi.

Liputan6.com, Jakarta Bank BRI akan menggeser posisi Shopee sebagai sponsor utama Liga 1 musim 2021. Hal ini disampaian Official Broadcaster Liga 1, Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group melalui Vice President Strategic Media Business Surya Citra Media (SCM), Bea Krisnasari.

Sebelumnya dalam dua tahun terakhir Shopee yang menjadi sponsor utama kompetisi sepak bola di Tanah Air ini. "Pengumumannya secara resmi akan segera dilakukan. Pengumuman bakal digelar secara konferensi pers pada 12 Agustus 2021," kata Bea Krisnasari.

Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepertinya masih malu-malu mengakui bahwa Bank BRI bakal menjadi titel pendamping kompetisi.

Padahal dalam akun Instagramnya, @pt_lib dan Instagram Liga 1, @liga1match, operator kompetisi itu telah mengisyaratkan bahwa warna biru menjadi latar belakang sponsor utama Liga 1 musim ini. Biru sendiri adalah warna utama dan ciri khas dari Bank BRI.

"Kami rencananya akan me-launching sponsor utama pada 12 Agustus 2021. Saya belum boleh memberikan pernyataan resmi soal itu sebelum diumumkan," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, Kamis (5/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sektor Keuangan

Lukita sebenarnya sempat membocorkan bahwa sponsor utama Liga 1 musim ini berasal dari perusahaan perbankan. Petunjuk itu makin mengarah menguatkan ke BRI.

"Sponsor utama Liga 1 musim ini berasal dari sektor keuangan. Kami akan mengumumkannya secara resmi," tutur Lukita, masih kepada Bola.com pada 23 Juli 2021.

3 dari 5 halaman

Warna Biru

Dalam unggahannya di Instagram, PT LIB mem-posting video yang berisikan cuitan netizen di Twitter maupun pemberitaan media massa mengenai calon sponsor Liga 1 musim ini.

Video itu berlatar belakang biru sehingga sejumlah netizen menduga warna tersebut sebagai ciri khas perusahaan yang akan mensponsori Liga 1 musim ini.

"Pandemi COVID-19 sempat melejit. Para pelaku sepak bola pun menjerit. Banyak yang trauma dengan fakta menyakitkan pada tahun lalu. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, PSSI dan PT LIB telah berusaha keras agar kompetisi bisa berputar. Sekaligus berkoordinasi intensif dengan pemerintah. Tak lupa, elemen pendukung juga sudah disiapkan. Tunggu, tanggal mainnya!" tulis PT LIB pada 21 Juli 2021.

4 dari 5 halaman

Konsultasi dengan Menpora

Sebelumnya, PSSI memastikan Liga 1 2021-2022 akan dimulai 20 Agustus mendatang. Federasi dan operator kompetisi PT LIB mengambil keputusan setelah berkonsultasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali serta Polri.

Liga 1 musim baru semestinya berlangsung 9 Juli 2021. Namun kompetisi ditunda karena meningkatnya kasus Covid-19 di Jawa dan Bali, yang berujung pemberlakuan PPKM Darurat.

5 dari 5 halaman

Pertemuan Virtual

Belakangan kasus Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali mulai menurun. "PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 2021-2022 harus bergulir. Dalam waktu dekat kami akan menggelar pertemuan virtual dengan seluruh perwakilan klub," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

Seluruh pertandingan Liga 1 dipastikan bergulir tanpa kehadiran penonton di stadion. Namun, situasi tersebut dapat berubah sesuai dengan perkembangan situasi Covid-19 di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.