Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP

Oleh Thomas pada 05 Agu 2021, 21:45 WIB
Diperbarui 06 Agu 2021, 11:19 WIB
Valentino Rossi
Perbesar
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. (Sepang Racing Team)

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap veteran Petronas Yamaha Valentino Rossi akhirnya memutuskan untuk pensiun dari MotoGP. Pria Italia itu tidak akan membalap lagi di musim 2021.

Keputusan Rossi untuk pensiun diumumkan dalam jumpa pers jelang balapan di Austria, Kamis (5/8/2021) malam WIB. Rossi akan menyelesaikan musim 2021 dan kemudian mundur dari balapan yang membesarkan namanya.

Rossi telah berkiprah di balapan MotoGP selama 26 musim dengan sembilan kali menjadi juara dunia. Namun performanya sudah menurun drastis dalam beberapa musim terakhir. Rossi pensiun di usia 42 tahun.

Di MotoGP 2021, Rossi memang sangat terpuruk. Pencapaian terbaiknya hanya finis di posisi 10. Rossi terpuruk di 19 dengan baru mendapatkan 17 poin saja.

"Saya telah memutuskan untuk berhenti di akhir musim ini jadi sayangnya ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP," ujar Rossi dalam jumpa pers resmi.

"Itu sulit. Ini momen yang menyedihkan, karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan melakukannya balapan dengan sepeda motor," kata Rossi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tawaran

Valentino Rossi
Perbesar
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi pada balapan MotoGP Catalunya. (LLUIS GENE / AFP)

Sebelum memutuskan pensiun, Rossi sebenarnya baru mendapat tawaran menarik dari Pangeran Arab Saudi Abdulaziz bin Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud.

Rossi diminta melanjutkan kariernya di MotoGP dengan bergabung bersama VR46 Ducati di musim 2022. Kebetulan tim milik Rossi itu didukung perusahaan minyak Saudi, Aramco. Rossi bisa balapan dengan Luca Marini. Namun Rossi lebih memilih pensiun.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya