Sukses

Bergulir 20 Agustus, PT LIB Pastikan Klub Siap Tempur Ikut Liga 1

PT LIB telah memastikan bahwa sebagian besar klub-klub Liga 1 siap melakukan pertandingan yang akan bergulir mulai 20 Agustus mendatang

Liputan6.com, Jakarta PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menjadi operator bagi kejuaraan Liga 1 resmi menggelar manager meeting secara daring bersama perwakilan klub-klub Liga 1 pada Rabu (4/8/2021).

Dalam jumpa pers virtual yang diselenggarakan usai manager meeting, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengklaim pihaknya telah berhasil memastikan kesiapan klub-klub untuk bertanding di Liga 1 yang akan bergulir mulai 20 Agustus mendatang.

“Kami sampaikan bahwa hari ini, pukul 14.00 sampai 16.00, kami mengadakan Zoom meeting dengan perwakilan klub-klub Liga 1. Hampir seluruh klub Liga 1 siap untuk bertanding di Liga 1 2021/2022 dengan kick off tanggal 20 Agustus,” ujar Hadian dalam jumpa pers virtual, Rabu (4/8/2021) malam.

Sebelumnya, Liga 1 dijadwalkan melakukan kick-off pada 9 Juli 2021. Akan tetapi, peningkatan kasus COVID-19 dan pemberlakuan PPKM level 4 di wilayah Jawa dan Bali membuat kompetisi tersebut ditunda pelaksanaanya.

Setelah lebih dari satu bulan, PT LIB akhirnya memperoleh lampu hijau untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 berkat melandainya kasus COVID-19 pasca pelaksanaan PPKM.

“PT LIB berpegang pada situasi melandainya penyebaran COVID-19. Kita sangat paham bahwa pandemi masih ada, tetapi dengan adanya pelandaian, kita gulirkan Liga 1,” tutur Sudjarno selaku Direktur Operasional PT LIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Format Pelaksanaan

Lebih lanjut, Sudjarno mengungkapkan bahwa format pelaksanaan Liga 1 masih akan dilakukan sesuai rencana awal. Adapun, kompetisi ini akan menggunakan format series, mulai dari seri pertama hingga keenam, dengan jeda waktu sekitar dua minggu antarseri.

Terdapat total 306 pertandingan yang akan bergulir mulai 20 Agustus hingga akhir Maret 2022. Pihak klub dan LIB berharap agar nantinya pelaksanaan Liga 1 tidak lewat dari rencana waktu yang telah disebutkan.

“Kita sudah plot Agustus sampai Maret, kita bisa lihat di situ ada jeda dua minggu antarseri, sedang kita rancang,” ungkap PT LIB pada Rabu (4/8/2021).

Sayangnya, jadwal pasti pertandingan di Liga 1 hingga kini masih belum dapat dipastikan. PT LIB menyebut pihaknya masih berupaya menyusun jadwal. Jadwal pekan pertama rencananya bakal dirilis satu minggu sebelum kick off, yakni pada 13 Agustus 2021.

3 dari 3 halaman

Protokol Ketat

Tak hanya membahas soal kesiapan klub untuk bertanding, pertemuan yang diselenggarakan PT LIB juga menyinggung soal teknis pelaksanaan kompetisi, termasuk penerapan protokol kesehatan.

Terkait hal ini, PT LIB menegaskan bahwa seluruh panitia penyelanggara dan pihak-pihak yang terlibat langsung dalam pertandingan wajib divaksin. Adapun, mereka yang belum menerima vaksin hingga jelang kompetisi akan didata sehingga dapat divaksin selama periode berjalannya Liga 1.

Terdapat pula proses screening melalui swab yang akan dilakukan terhadap pemain sebelum keberangkatan menuju hotel hingga saat-saat menjelang pertandingan. Pemain yang memperoleh hasil negatif akan dibolehkan bertanding, sementara pemain dengan hasil positif harus diisolasi.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.