Starting XI MU : 5 Pemain yang Bisa Gantikan Marcus Rashford

Oleh Bogi Triyadi pada 04 Agu 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 13:00 WIB
Marcus Rashford - Manchester United (MU) - Liga Inggris
Perbesar
Striker Manchester United atau MU Marcus Rashford melepas sepatunya setelah cedera saat melawan Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (7/3/2021). (Peter Powell / Pool via AP)

Liputan6.com, Manchester - Manchester United atau MU akan kehilangan Marcus Rashford di awal musim 2021-22. Pemain berusia 23 tahun itu harus absen karena akan menjalani operasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rashord mengalami cedera engkel dan bahu saat membela Man Utd musim lalu. Dampaknya, performanya menurun hingga ke Euro 2020 saat memperkuat Timnas Inggris.

Usai menjalani operasi, Rashford membutuhkan waktu 12 minggu untuk memulihkan diri. Ia baru bisa kembali memperkuat MU pada akhir Oktober 2021.

Kehilangan Rashford tentunya menjadi pukulan besar buat MU. Sebab, dia merupakan pilihan pertama di posisi sayap kiri.

Meski demikian, Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer memiliki sejumlah pemain yang bisa dimainkan di posisi sayap kiri. Ada lima pemain yang setidaknya bisa menjadi pilihan Solskjaer.

Berikut 5 pemain yang bisa gantikan Marcus Rashford di posisi sayap kiri seperti dikutip dari Manchester Evening News.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Jadon Sancho

Foto: Jadon Sancho Resmi Berseragam Manchester United usai Ditebus Senilai 73 Juta Pond Sterling
Perbesar
Manchester United merampungkan perburuan sayap Borussia Dortmund, Jadon Sancho pada 23 Juli lalu. Bintang Borussia Dortmund itu ditebus dengan mahar senilai 73 juta pund sterling, lebih murah dari yang pernah dipatok pada musim lalu senilai 108 juta pound sterling. (Foto: twitter@manutd)

Meski secara alami seorang sayap kanan, Jadon Sancho tidak asing dengan posisi sayap kiri. Dia telah bermain di posisi itu beberapa kali untuk Borussia Dortmund.

Faktanya, Sancho lebih sering bermain di sayap kiri daripada sayap kanan buat Dortmnd musim lalu. Kemampuan kaki kanannya dan menyulap peluang mencetak gol untuk dirinya atau rekan setimnya membuat pemain berusia 21 tahun tersebut menjadi kandidat utama mengisi posisi itu ketika Marcus Rashford absen.

Sementara itu, Mason Greenwood sudah mantab di posisi sayap kanan menjelang akhir musim lalu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Daniel James

Daniel James - Manchester United - Liga Inggris
Perbesar
Winger Manchester United atau MU Daniel James merayakan golnya ke gawang Newcastle United dalam lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Senin (22/2/2021) dini hari WIB. (Stu Forster/Pool via AP)

Daniel James juga bisa dimainkan di sayap kiri dan meski tidak memiliki catatan mengesankan seperti Jadon Sancho. Pemain Timnas Wales itu menarik perhatian di Euro 2020 dan sekarang dalam kondisi baik menuju pra-musim.

James telah berjuang untuk konsistensi dan penyelesaiannya di sepertiga akhir jauh dari apa yang dia inginkan. Tapi, kecepatan James bisa menakutkan dan masih punya kemampuan untuk menimbulkan masalah bagi bek lawan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Jesse Lingard

Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Cardiff pada laga Premier League di Stadion Cardiff City, Wales, Sabtu (22/12). Cardiff kalah 1-5 dari MU. (AFP/Geoff Caddick)
Perbesar
Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Cardiff pada laga Premier League di Stadion Cardiff City, Wales, Sabtu (22/12). Cardiff kalah 1-5 dari MU. (AFP/Geoff Caddick)

Apakah Jesse Lingard akan menjadi pemain MU pada akhir bursa transfer. Hanya waktu yang akan menjawab.

Di balik musimnya yang solid di West Ham United, lulusan akademi United itu bisa menjadi pilihan lain bagi Manajer Ole Gunnar Solskjaer.

Jika bisa melanjutkan momentum dan kehebatannya yang luar biasa di depan gawang, Lingard tentu bisa berpotensi mengisi kekosongan absennya Rashford.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Anthony Elanga

FOTO: Tumbang 1-2 dari Leicester City, Manchester United Relakan Tetangga Berpesta - Anthony Elanga; Timothy Castagne
Perbesar
Gelandang Manchester United, Anthony Elanga (kiri) menguasai bola dibayangi bek Leicester City, Timothy Castagne dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/2021 pekan ke-35 di Old Traffod Stadium, Manchester, Selasa (11/5/2021). Manchester United kalah 1-2 dari Leicester. (AP/Peter Powell/Pool)

Anthony Elanga dianggap sebagai salah satu prospek paling cemerlang di akademi MU saat ini. Pemain muda asal Swedia itu sudah membuat debutnya di Liga Inggris untuk tim utama dan telah mencetak gol pertama pada saat melawan Wolverhampton Wanderers.

Elanga tidak berhenti menarik perhatian. Di pra musim, dia mencetak gol ketika melawan Queens Park Rangers dan menampilkan penampilan yang diperhatikan oleh penggemar serta pakar.

Elanga telah menunjukkan bahwa dia siap untuk langkah berikutnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Anthony Martial

7 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah Manchester United
Perbesar
5. Anthony Martial (60 juta euro) - Manchester United melabuhkan winger asal Prancis ini dari Monaco dengan transfer mencapai 60 juta euro. (AFP/Peter Powell/pool)

Anthony Martial nyaman di sayap kiri dan telah bermain untuk posisi itu dalam beberapa kesempatan. Tetapi, Martial sedang memulihkan diri dari cedera yang dideritanya pada musim semi dan mungkin tidak akan dimainkan Solskjaer selama awal musim.

Jika bisa membuat dirinya fit dan fokus, dia bisa memberikan opsi solid lain untuk United di sayap kiri saat Rashford absen. Kecepatan Martial, kemampuan mengalahkan pemain satu lawan satu hanyalah beberapa dari ciri-cirinya yang dapat mengingatkan Rashford ketika dia dalam kondisi terbaiknya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya