Solskjaer Sudah Punya Solusi Atasi Masalah Mesin Gol MU

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 04 Agu 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 06:00 WIB
Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer
Perbesar
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer duduk di bangku cadangan selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Leicester City dan Manchester United di Stadion King Power di Leicester, Inggris, Sabtu, 26 Desember 2020. (Michael Regan / Pool via

Liputan6.com, Jakarta Fans Manchester United atau MU jika ditanya siapa pemain favoritnya di tim, ada kemungkinan besar mereka menyebut dua nama, Harry Maguire atau Bruno Fernandes. Sekdar catatan, keduanya tampil 51 kali sebagai starter musim lalu bersama klub raksasa Liga Inggris itu.

Namun, satu hal yang tidak diperdebatkan adalah pentingnya Fernandes untuk sisi permainan menyerang MU di bawah Ole Gunnar Solskjaer. Pemain asal Portugal itu mencetak 28 gol di semua kompetisi, lebih banyak dari pemain lainnya sejak Robin van Persie pada 2012/13.

Fernandes juga menambahkan 17 assist, dan menjadikannya pemain paling produktif di skuat MU dengan kontribusi 45 gol. Tapi, satu hal yang diperhatikan oleh siapa pun yang menonton The Reds menjelang akhir musim lalu adalah ketika Fernandes mulai kehabisan energi, hasilnya juga menurun.

Dari 28 Februari 2021 ketika mereka pergi ke Stamford Bridge untuk bermain imbang 0-0 melawan Chelsea, Fernandes memainkan 13 pertandingan antara saat itu dan akhir musim. Dalam 13 pertandingan itu, dimulai dari 11 pertandingan, dia hanya berhasil mencetak tiga gol dan dua assist. Dua gol datang dari titik penalti dan satu assist dipertanyakan apakah dia menyentuh bola atau tidak.

Namun, karena pentingnya dan keadaan musim pada saat itu, dia ditinggalkan di tim dengan harapan bisa bermain melalui itu. Pada akhirnya, kurangnya kesegaran dan performanya ternyata ikut berperan saat MU menyelesaikan tanpa trofi dengan kalah di final Liga Europa dari Villarreal.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tak Ada Alasan

Bruno Fernandes - Manchester United - Liga Inggris
Perbesar
Gelandang Manchester United atau MU Bruno Fernandes berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (7/3/2021). (Laurence Griffiths/Pool via AP)

Dengan tambahan Jadon Sancho ke tim utama serta masuknya pemain seperti Shola Shoretire, Hannibal Mejbri dan Anthony Elanga, tidak ada alasan musim ini bagi Solskjaer untuk menurunkan bintangnya.

Tidak perlu bagi Solskjaer untuk membuat Fernandes bermain sepak bola sebanyak musim lalu, dan membuatnya tetap segar dengan memberinya istirahat sesekali, sehingga kemungkinan akan membuat performanya meningkat lebih jauh dengan statistiknya yang menakjubkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mesin Gol

Gol Tunggal Scott McTominay Bawa MU Melaju ke Perempat Final Piala FA
Perbesar
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes berebut bola udara dengan bek West Ham, Declan Rice pada pertandingan perdelapan final Piala FA 2020/2021 di Old Trafford, Inggris (10/2/2021). MU menang tipis atas West Ham 1-0. (Martin Rickett/Pool via AP)

Fernandes adalah mesin di depan gawang, menghasilkan gol dan assist secara teratur, tetapi dengan lebh banyak membatasi waktu permainannya dan membuatnya tetap segar maka secara teori dia seharusnya bisa melakukannya lebih sering.

Dan sekarang Mason Greenwood setahun lebih tua dan lebih berkembang, kemudian Anthony Martial memiliki poin untuk dibuktikan setelah menjalani musim yang buruk.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Temukan Cara

FOTO: Kalahkan MU, Manchester City Tantang Tottenham Hotspur di Final Piala Liga Inggris
Perbesar
Reaksi pemain Manchester United Bruno Fernandes setelah gol Manchester City pada pertandingan semifinal Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Rabu (6/1/2021). Manchester City melaju ke final Piala Liga Inggris usai mengalahkan MU 2-0. (Peter Powell/Pool via AP)

Selanjutnya, Edinson Cavani ingin memastikan kelasnya dikenang di depan para penggemar dan Sancho mendapat dukungan dari setiap penggemar United untuk menemukan sukses untuk klub barunya.

Ada opsi di sana untuk dipilih Solskjaer sambil tetap mempertahankan kualitas tim dan itu akan menjadi kepentingan terbaiknya. Tim harus menemukan cara untuk membuat Fernandes tetap segar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Trofi Pertama

Setelah bisnis akhir musim datang sekali lagi, United akan berharap untuk benar-benar terlibat dalam perburuan gelar. Jika itu masalahnya, mereka harus memastikan bahwa para pemain top mereka mencapai puncaknya pada waktu yang tepat.

Ini semata untuk mendapatkan peluang terbaik untuk memenangkan trofi pertama mereka sejak 2017.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya