Sukses

Hasil Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020 : Tekuk Meksiko Lewat Penalti, Brasil Lolos ke Final

Brasil berhasil melaju ke final sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 usai kalahkan Meksiko 4-1.

Liputan6.com, Kashima- Brasil akhirnya lolos ke final sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 usai menang 4-1 atas Meksiko lewat adu penalti di semifinal yang berlangsung di Kashima Soccer Stadium, Selasa (3/8/2021). Kedua tim bermain 0-0 di waktu normal.

Brasil sudah mengepung Meksiko sejak menit awal. Trik-trik ala jogo bonito dikeluarkan oleh Laskar Muda Brasil ini.

Menit 14, Arana mendapatkan peluang tapi tembakannya dari sisi kiri masih bisa ditepis kiper Meksiko, Ochoa. Begitu juga dengan peluang Anthony di menit ke-20.

Mendapatkan peluang hasil umpan Dani Alves, Anthony menembak langsung dari luar tapi gagal berbuah gol. Puncak peluang Brasil terjadi di menit ke-29.

Namun upaya Brasil mendapatkan penalti dianulir wasit setelah melihat VAR. Hingga babak 1 berakhir, skor 0-0 antara Brasil melawan Meksiko masih bertahan pada sepak bola Olimpiade Tokyo.  

Video Menarik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Babak 2

Pada babak kedua, Meksiko ambil inisiatif penyerangan. Henry Martin melepas tembakan dari tengah di luar kotak penalti tapi tepat mengarah ke kiper di menit ke-46.

Hingga menit ke-60, permainan kedua tim masih berimbang. Belum ada serangan berbahaya dari kedua tim.

Menit ke-61, Diego Carlos kembali jatuh di kotak penalti namun wasit mengacuhkannya.

Hingga menit ke-71, masih tak ada peluang berarti dari Brasil meski dominasi penguasaan bola. Begitu juga dengan meksiko yang kesulitan dobrak pertahanan Meksiko.

Permainan malah menjurus panas karena Meksiko kerap melakukan pelanggaran keras kepada pemain Brasil. Saling dorong pun mulai terjadi di menit ke-75.

Menit ke-82, Richarlison nyaris membuat Brasil unggul 1-0. Namun sundulannya hasil umpan Dani Alves masih membentur tiang tapi tidak masuk.

Hingga babak 2 berakhir, skor masih 0-0 antara Brasil dan meksiko. Pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu.

 

3 dari 5 halaman

Perpanjangan Waktu

Babak pertama perpanjangan waktu berjalan sangat lambat. Pemain kedua tim tampak kelelahan harus main lebih dari waktu normal.

Sepanjang babak pertama, pelanggaran malah lebih banyak terjadi ketimbang peluang. Menit 103, Luis Romo melepas tembakan ke arah gawang Brasil tapi melambung jauh.

Hingga babak 1 perpanjangan waktu berakhir. Skor masih 0-0 antara Brasil dan Meksiko.

Menit ke-113, Lainez mencoba gocek bek Brasil dan terjatuh. Namun wasit menganggap itu diving.

Malcom membuka peluang di menit ke-120 tapi umpan silangnya tak ada yang menyambut. Pertandingan tetap 0-0 dan harus dilanjutkan dengan tendangan penalti.

 

4 dari 5 halaman

Babak Penalti

 

Berikut adu tendangan penalti antara Brasil melawan Meksiko:

1. Brasil/ Dani Alves (gol)

2. Meksiko/ Aguirre (gagal)

3. Brasil/ Martinelli (gol)

4. Meksiko/ Vasquez (gagal)

5. Brasil/ Bruno (gol)

6. Meksiko/ Carlos Rodriguez (gol)

7. Brasil/Reinier (gol)

Brasil akhirnya menang 4-1 atas Meksiko lewat adu penalti.

 

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain:

 

Meksiko : G Ochoa; Lorona, Montes, Vasquez, Alberto Angulo/Mora (98); Romo, Esquivel/C Rodriguez (45); Antuna/Lainez (62), Cordova/Angulo (78), Vega/Alvarado (90); Martin/Aguirre (98)

Brasil : Santos ; Dani Alves, Nino, Diego Carlos, Guilherme Arana; Anthony/Malcom (91), Bruno, Douglas Luiz/Henrique (115), Claudinho/Reinier (72); Paulinho/Martinelli (67), Richarlison

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.