Sukses

Turnamen Catur Pelajar Tingkat Nasional 2021 Digelar Agustus

Turnamen catur antar pelajar dapat digelar secara online pada pertengahan Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta Selain esports, catur termasuk salah satu cabang olahraga yang relatif tidak terlalu terkena dampak pandemi Covid-19. Catur bisa dimainkan secara online di tengah pandemi Covid-19. 

Catur pun justru semakin naik daun di masa pandemi Covid-19. Selain bermanfaat untuk mengisi waktu, bermain catur juga menghasilkan prestasi. 

Karena tetap bisa dilakukan secara online, Turnamen Catur Pelajar Tingkat Nasional 2021 BPK Penabur Cup 2021 akan digelar pada pertengahan Agustus 2021. Pesertanya merupakan seluruh pelajar se-Indonesia.

Pertandingan yang diselenggarakan secara online ini, dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu, babak kualifikasi akan digelar pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2021, dilanjutkan babak finalnya pada tanggal 22 Agustus 2021, menggunakan Protocol Fide yaitu ketentuan Fide untuk penyelenggaraan turnamen catur online. 

Adapun pembagian kategori yang dipertandingkan : Pelajar kelas 1-3 SD, kelas 4-6 SD, kelas 7-9 SMP, serta kelas 10-12 SMA, dengan setiap kelompok tersebut ada nomor khusus untuk putri. 

Turnamen Catur Pelajar Tingkat Nasional 2021 BPK Penabur Cup 2021 digelar sekolah BPK PENABUR kembali bekerjasama dengan PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA). 

Saksikan Video Menarik Berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Festival

Sebelum turnamen catur antar pelajar, juga akan diadakan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional - BPK Penabur 2021. Serangkaian kegiatan yang bersifat edukasi dan entertain ini bertujuan utama mensosialisasikan catur ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, sekaligus melakukan talent scouting, menjaring bibit unggul bahkan sampai ke seluruh pelosok & penjuru tanah air.

“Kami berharap turnamen terbuka online ini bisa diikuti oleh ribuan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Sudah saatnya mengembangkan potensi siswa melalui catur,” ujar Ir. Budijanto Gunawan, MM , Ketua Panitia Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR Adri Lazuardi, S.H, menjelaskan bahwa Event ini juga sejalan dengan tema HUT ke 71 BPK PENABUR yaitu Berbagi dan Berdampak Bagi Sesama, melalui catur, diharapkan tumbuh bibit- bibit baru yang kelak bisa membanggakan negara, dan sekaligus juga mengasah lebih tajam karakter jujur, sportifitas tinggi, dan semangat untuk berjuang mencapai yang terbaik. kesemuanya itu akan mewujudkan generasi bangsa yang mampu membuat Indonesia lebih maju.

 

3 dari 3 halaman

Maskot

Yang menarik Turnamen Catur Pelajar Tingkat Nasional 2021 BPK Penabur Cup 2021 juga ada maskornya yang bernama Ben. Nama maskot “Ben” diambil dari salah satu bidak catur yang dikenal dengan istilah ‘benteng’ yang memiliki gerak lurus ketika bergerak dalam permainan. Benteng tidak dapat bergerak ketika terhalan buah catur lainnya dan hanya dapat melompati buah catur lainnya saat melakukan rokade.. 

"Rokade adalah gerakan khusus dalam permainan catur yang melibatkan benteng dan raja dengan warna yang sama. Rokade merupakan tujuan penting dalam bagian awal permainan, karena memiliki 2 tujuan bernilai: memindahkan raja ke tempat yang lebih aman dari tengah papan, dan memindahkan benteng ke tempat yang lebih aktif di tengah papan," demikian Budijanto menjelaskan. 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.