Sukses

Hasil Final Piala Emas CONCACAF 2021 : Gol Telat Miles Robinson Antar AS Jadi Juara

Gol Miles Robinson di babak tambahan waktu mengantar AS jadi juara Piala Emas CONCACAF 2021

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat (AS) tampil sebagai juara Piala Emas CONCACAF 2021 usai mengalahkan Meksiko di partai final di Stadion Allegiant, Las Vegas, Senin pagi (2/7/2021). Miles Robinson tampil menjadi pahlawan setelah mencetak gol penentu di babak tambahan waktu.

AS lolos ke partai puncak setelah mengalahkan Qatar yang berstatus sebagai tim tamu. AS sempat dibuat kewalahan oleh Qatar di babak pertama yang lebih mendominasi permainan.

Sementara itu, Meksiko berhasil mengalahkan Kanada di semifinal dan melaju ke babak final. El Tri berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 atas Kanada.

Sejak awal laga kedua tim yang bekum terkalahkan di kompetisi ini berjalan menarik. Meksiko dan AS langsung bermain terbuka dan silih berganti melakukan serangan.

Namun, memasuki pertengahan babak pertama, Meskiko lebih banyak mendominasi permainan. Menit 37 Rogelio Funes Mori nyaris membuka kemenangan jika saja bola tendangannya tak bisa diantisipasi kiper AS Turner.

Meksiko kembali mengancam gawang AS. Kali ini melalui aksi Alvarez. Beruntung tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih bisa dibendung pemain belakang AS.

Jelang laga berakhir, AS memperoleh peluang menjebol gawang lawannya. Lewat serangan balik Arriola yang lepas dari kawalan gagal menyelesaikan tendangannya menjadi gol.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Meksiko kembali menguasai pertandingan. Menit 51 Pineda yang berdiri bebas di depan gawang gagal meneruskan bola ke gawang AS.

Namun, kali ini AS juga tak mau kalah memberikan pelawanan. Bahkan, di menit 60 Zardes hampir menjebol gawang Meksiko.

Bahkan selang beberapa menit kemudian AS memperoleh peluang lagi melalui Robinson. Tapi, lagi-lagi gagal berbuah gol.

Peluang terbaik didapat AS pada menit 73. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Meksiko, Arriola yang tinggal berhadapan dengan kiper Meskiko masih gagal menceploskan bola ke gawang lawan.

Memasuki menit akhir babak kedua, AS dan Meksiko masih silih berganti melakukan tekanan. Namun, hingga laga usai tak ada gol tercipta, pertandingan pun dilanjut ke babak tambahan waktu.

3 dari 4 halaman

Tambahan Waktu

Meksiko dan AS mencoba mengambil inisiatif penyerangan untuk mencuri gol cepat. Peluang untuk Meksiko, sayang tembakan Funes Mori masih melambung di atas mistar gawang AS.

Di babak ini tempo permainan mulai berjalan lambat. Pemain AS dan Meksiko lebih banyak memainkan bola di tengah lapangan.

Namun, usaha keras pemain AS akhirnya berujung gol pada menit 118. Berawal dari tendangan bebas, sundulan Miles Robinson berhasil menjebol gawang Meksiko.

Meksiko mencoba mencari gol penyeimbang di sisa waktu. Tapi, sampai pertandingan selesai kedudukan 1-0 untuk AS tetap tidak berubah.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

USA (4-3-3): Matt Turner; Shaq Moore, Walker Zimmerman, Miles Robinson, Samuel Vines; Jackson Yueill, Sebastian Lletget, Kellyn Acosta; Jonathan Lewis, Paul Arriola, Gyasi Zardes.

Meksiko (4-3-3): Alfredo Talavera; Luis Rodriguez, Nestor Araujo, Carlos Salcedo, Jesus Gallardo; Edson Alvarez, Erick Gutierrez, Hector Herrera; Jesus Corona, Orbelin Pineda, Rogelio Funes Mori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.