Boyong Raphael Varane, Ini Formasi Baru Solskjaer Buat MU di Musim Depan

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 02 Agu 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 06:00 WIB
Ole Gunnar Solskjaer
Perbesar
Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Perekrutan Raphael Varane dari Real Madrid akan memungkinkan manajer Manchester United atau MU, Ole Gunnar Solskjaer, untuk mengubah taktik menghadapi musim baru Liga Inggris. Solskjaer lebih berpikir MU harus lebih banyak menggunakan strategi menyerang.

Seperti diketahui Varane didatangkan MU dari klub raksasa La Liga itu dalam kesepakatan 35 juta pounds. Kabarnya, persyaratan medis dan pribadi telah selesai dilakukan Varane.

Solskjaer telah lama menginginkan mitra bek tengah yang lebih baik untuk Harry Maguire. Pasalnya, baik Victor Lindelof maupun Eric Bailly belum bisa membuktikan dapat tampil secara konsisten di samping pemain internasional Inggris itu.

Sebenarnya, kedua pemain itu telah berjuang untuk mendapatkan permainan terbaik. Namun, Bailly diganggu memiliki masalah cedera yang signifikan selama karirnya di United.

Situasi itu telah mendorong hierarki di markas MU, di Old Trafford, untuk menandatangani bek baru musim panas ini dan Varane adalah target nomor satu klub.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Strategi Baru

Ole Gunnar Solskjaer - Manchester United (MU)
Perbesar
Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer memberikan instruksi dalam laga kontra Leeds United pada pekan ke-14 Liga Inggris di Old Trafford, Senin (21/11/2020) dini hari WIB. (Nick Potts/Pool via AP)

Dapat dipahami bahwa kedatangan pemain Prancis itu telah menyebabkan Solskjaer menyusun rencana taktis baru saat ia bersiap untuk musim 2021-22.

Pelath asal Norwegia itu sering menggunakan dua gelandang bertahan dalam formasi konservatif 4-2-3-1, dengan Paul Pogba, Fred dan Scott McTominay sering menempati peran di depan empat bek.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perlindungan

Manchester United vs Burnley
Perbesar
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer bersama timnya, Daniel James, Phil Jones dan Aaron Wan-Bissaka meninggalkan lapangan setelah laga lanjutan Liga Inggris kontra Burnley di Old Trafford, Rabu (23/1/2020). MU tidak berdaya di kandang sendiri usai takluk 0-2 dari Burnley. (Paul ELLIS/AFP)

Seperti dilansir Athletic, Solskjaer sekarang merasa bahwa memiliki dua bek tengah elite berarti mereka tidak akan membutuhkan banyak perlindungan dan sekarang berencana untuk bermain hanya dengan satu gelandang bertahan.

Ini akan memungkinkan pria berusia 47 tahun itu untuk menurunkan gelandang serang lain bersama Bruno Fernandes di lini tengah United.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kabar Baik

MU
Perbesar
Donny van de Beek mencetak gol pertama pada laga Liga Inggris Manchester United lawan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 19 September 2020. (Richard Heathcote / Pool via AP)

Taktik yang diperbarui mungkin menjadi kabar baik bagi Donny van de Beek, yang melihat waktu permainannya terbatas musim lalu.

Van de Beek hanya tampil empat kali sebagai starter dan dua di antaranya terjadi dalam empat pertandingan terakhir musim ini ketika posisi runner-up United sudah dipastikan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kemitraan

Manchester United Babak Belur Dihajar Tottenham Hotspur di Old Trafford
Perbesar
Gelandang Manchester United, Donny van de Beek, mengontrol bola saat melawan Tottenham Hotspur pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (4/10/2020). Tottenham menang dengan skor 6-1. (Oli Scarff/Pool via AP)

Pemain asal Belanda itu memainkan sepak bola terbaiknya untuk Ajax sebagai gelandang box-to-box yang kreatif tetapi sebagian besar harus puas dengan salah satu peran yang lebih dalam di lini tengah Solskjaer.

Performa luar biasa Fernandes menyulitkan Van de Beek untuk bermain di peran yang lebih maju. Namun, sekarang mungkin mendapatkan kesempatan untuk membentuk kemitraan dengan bintang Portugal itu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Keuntungan

Legenda MU Rio Ferdinand memposting di Twitter bahwa Varane menggunakan Setan Merah untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dari yang tidak pernah terjadi di Real Madrid.

Varane merasa gajinya masih belum mencerminkan statusnya, karenanya kenaikan upah tidak bisa dihindari di MU dan itu memang pantas untuk salah satu pemain sepak bola modern yang paling terkenal.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya