Sukses

Ada Roman Abramovich, Ini 10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia!

Memiliki sejumlah klub raksasa, berikut merupakan 10 nama pemilik klub sepak bola terkaya di dunia

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah pemilik klub sepak bola memang kerap disebut memiliki kekayaan yang fantastis. Adapun, pemilik Manchester City Sheikh Mansour merupakan yang paling kaya di antaranya.

Melansir SportBible, Sheikh Mansour berada di peringkat pertama pemilik sepak bola terkaya di dunia, mengalahkan Stan Kroenke dari Arsenal dan Roman Abramovich dari Chelsea.

Miliarder berusia 50 tahun tersebut mengambil alih sang juara Liga Premier seharga 210 juta poundsterling pada 2008. Mansour pun dikabarkan telah menggelontorkan dana perang buat City serta mengamankan posisi mereka sebagai salah satu tim besar di Liga Premier.

Di bawah kepemilikan Mansour, Manchester City sukses menyabet lima gelar Liga Premier, enam Piala Liga alias Piala EFL, dan dua Piala FA. Laporan The Daily Star menyebutkan bahwa Mansour merupakan pemilik klub sepak bola terkaya di dunia berkat harta senilai 20 miliar dolar yang berada di bawah namanya.

Selain Manchester City, Mansour rupanya juga mengoleksi sejumlah klub sepak bola lain di bawah City Football Group miliknya. Melbourne City yang baru-baru ini sukses menyabet gelar juara di Liga Australia juga merupakan salah satu klub milik Mansour.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Urutan Ketiga hingga Kelima

Adapun pemilik RB Leipzig Dietrich Mateschitz bertengger di posisi kedua dalam daftar pemilik klub sepak bola terkaya di dunia. Dikutip dari SportBible, pengusaha asal Austria ini sukses mencatatkan kekayaan mencapai 19 miliar dolar di bawah namanya.

Selanjutnya, posisi ketiga dan keempat diisi oleh bos Juventus Andrea Agnelli dan pemilik Hoffenheim Dietmar Hopp. Keduanya masing-masing tercatat memiliki kekayaan sebesar 14 miliar dolar dan 13 miliar dolar.

Roman Abramovich, yang telah mengakuisisi Chelsea seharga 140 juta poundsterling pada 2003, finis di urutan kelimat dalam daftar pemilik klub sepak bola terkaya di dunia. Di bawah kepemilikannya, Chelsea menjadi klub yang sukses menyabet sejumlah gelar bergengsi, yakni lima gelar Liga Premier Inggris, lima Piala FA, tiga Piala Liga, dua Liga Champions, dan dua Liga Eropa.

Selain lima nama di atas, berikut daftar lengkap pemilik klub sepak bola terkaya di dunia beserta total harta yang dimiliki menurut SportBible.

3 dari 3 halaman

Peringkat 1–10

1.      Sheikh Mansour: 20 miliar dolar (Manchester City)

2.      Dietrich Mateschitz: 19 miliar dolar (RB Leipzig)

3.      Andrea Agnelli: 14 miliar dolar (Juventus)

4.      Dietmar Hopp: 13 miliar dolar (Hoffenheim)

5.      Roman Abramovich: 12 miliar dolar (Chelsea)

6.      Philip Anschutz: 10 miliar dolar (LA Galaxy)

7.      Stan Kroenke: 9 miliar dolar (Arsenal)

8.      Nasser Al-Khelaifi: 8 miliar dolar (Paris Saint-Germain)

9.      Zhang Jindong: 7,6 miliar dolar (Inter Milan)

10.    Robert Kraft: 6 miliar dolar (New England Revolution)

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.